Perhatikan Bahasa Indonesia Anda

Bismillahirrahmanirrahim.

Mari bersama-sama memerhatikan bahasa. Mengapa? Karena bahasa itu lain dengan komputer, lain dengan Windows atau GNU/Linux, lain dengan smartphone. Mereka semua secara umum memang dipakai oleh manusia, tetapi pada kenyataannya tidak setiap manusia memakainya. Sedangkan bahasa, setiap manusia memakainya dan semuanya membutuhkannya. Kesalahan di bidang komputer atau GNU/Linux, seringkali tidak dapat disetarakan dengan kesalahan bahasa. Namun alangkah pedihnya ketika manusia menganggap kesalahan bahasa itu bukan apa-apa.

Perhatikanlah bahasa Anda. Gunakan bahasa yang baik dan benar. Gunakan Bahasa Indonesia, lebih dari Anda menggunakan GNU/Linux. Jika mustahil Anda menggunakannya di dalam percakapan lisan, gunakan dia dalam percakapan tulisan. Gunakan dengan sebaik mungkin.

Gunakan seluruh fasilitas yang ada saat ini (email, IRC, blog, forum, askubuntu, jejaring sosial, dsb.) untuk berlatih menulis. Jangan beranggapan enteng-entengan untuk tidak belajar menulis, karena kepenulisan yang baik hanya dicapai dengan jam terbang. Jika Anda tidak memulai dari hal kecil, buat selamanyalah Anda tidak akan bisa. Ingat, bahasa menunjukkan kepribadian dan bangsa Anda yang sesungguhnya. Jangan harapkan kejayaan tanpa usaha.

Milikilah rasa percaya diri yang tinggi untuk menggunakan Bahasa Indonesia. Sebagaimana sikap Anda kepada sesama manusia, janganlah mendahulukan prasangka buruk di atas prasangka baik kepada orang lain. Maka, jangan mendahulukan prasangka buruk (baca: rasa risih) jika ada istilah-istilah baru yang muncul dalam Bahasa Indonesia yang Anda sendiri tidak pernah mau tahu untuknya. Jangan mendahulukan prasangka buruk untuk Bahasa Indonesia, bahasa milik Anda sendiri. Jangan merasa Bahasa Indonesia sendirian, karena seluruh bahasa internasional lain selain Bahasa Indonesia juga mengalami kesulitan yang sama untuk istilah-istilah baru. Bersyukurlah masih ada banyak pemerhati bahasa yang sangat peduli dengan Bahasa Indonesia sehingga saat ini Anda bisa menikmati Bahasa Indonesia di semua smartphone, Firefox, Google, dan semua antarmuka aplikasi GNU/Linux.

Punyakah kita kepedulian seperti orang ini?
Punyakah kita kepedulian seperti orang ini?

Milikilah rasa malu kepada orang luar yang mampu menulis dengan rapi bahkan dalam hal-hal yang tidak formal. Milikilah kebahasaan yang jeli, jangan jadi sekadar pengekor. Jangan patuh kepada budaya menyingkat kata ala sms atau budaya kepenulisan seenak perut ala sebagian anak muda zaman sekarang. Perhatikan Bahasa Indonesia Anda.

Gunakan bahasa. Berpikir sistematis. Menulislah. Indah.

Iklan

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s