Instal Ulang Apache Secara Total di Precise Dilakukan dengan Mem-purge Paket apache2.2-bin

Bismillahirrahmanirrahim.

Ternyata, untuk mem-purge secara total apache2 di Ubuntu 12.04, saya harus apt-get remove --purge paket apache2.2-bin. Bukan paket apache2.

  1. Jika saya purge apache2, maka yang dihapus dan di-purge hanyalah paket apache2.
  2. Padahal, paket apache2 hanyalah berisi beberapa berkas yang bukan pengaturan /etc/init.d/ dan bukan /etc/apache2/.
  3. Padahal, masalah yang saya hadapi adalah saya kehilangan eksekutabel apache2 (shell script) di /etc/init.d/ dan beberapa pengaturan penting di tempat lain.
  4. Dependensi untuk apache2 hanya parsial, sedangkan dependensi untuk apache2.2-bin adalah semua paket apache lengkap berisi berkas-berkas pengaturannya.

Sumber Masalah

Saya tidak bisa start apache2 karena memang ia tidak ada di /etc/init.d/ (mungkin saya menghapusnya) dan berkas-berkas konfigurasinya ada yang tidak lengkap. Padahal, sebelum beberapa hari ini apache2 saya tidak punya masalah apa-apa. Semua berjalan dengan semestinya.

Error yang saya hadapi adalah

no listening sockets available, shutting down Unable to open logs Action 'start' failed.

Sementara solusi yang sudah saya cari adalah:

  1. http://serverfault.com/questions/86817/cannot-add-named-based-virtual-host
  2. https://forum.netcup.de/anwendung/sonstige-anwendungen/4481-apache2-warn-namevirtualhost-mytitan-org-0-has-no-virtualhosts-the-apache-error-log-may-have-more-information-failed/
  3. http://askubuntu.com/questions/217518/unable-to-start-apache-on-ubuntu-12-10-no-listening-sockets-available
  4. http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=1432448
  5. http://forums.codeguru.com/showthread.php?464023-Apache-Problems-quot-no-listening-sockets-available-shutting-down-quot

Semuanya tak menyelesaikan masalah, karena bukan itu memang akar masalahnya. Akar masalah adalah beberapa berkas penting apache2 hilang dari sistem saya.

Sumber Kesadaran

Penasaran dengan masalah yang seharusnya sepele ini, saya buka saja paket-paket terunduh bernama apache dalam apt cache saya. Benarlah, saya peroleh paket apache2*.deb dan apache2.2-bin*.deb di sana. Saya buka keduanya dengan harapan menemukan folder /etc/init.d/ di dalam paketnya. Ternyata ini bukan saya temukan di paket apache2, dan bukan apache2.2-bin, tetapi justru di apache2.2-common. Lalu entah mengapa saya langsung mencoba mem-purge apache2.2-bin (dan bukan mem-purge apache2.2-common) lalu menginstalnya kembali. Ah, biarlah. Sekarang Apache saya berjalan dengan semestinya. Lihat skrinsot berikut:

nagios5

 Catatan Konsol apt-get


┌─[master@master]─[~]
└──╼ sudo apt-get remove --purge apache2.2-bin
Reading package lists... Done
Building dependency tree
Reading state information... Done
The following packages were automatically installed and are no longer required:
libktnef4 libgrantlee-core0 libgrantlee-gui0 libkleo4 libcalendarsupport4 libkdgantt2-0 libkpgp4
libkdepimdbusinterfaces4 libsendlater4
Use 'apt-get autoremove' to remove them.
The following extra packages will be installed:
php5-cgi
Suggested packages:
php-pear
The following packages will be REMOVED:
apache2* apache2-mpm-prefork* apache2.2-bin* apache2.2-common* libapache2-mod-php5* squirrelmail*
squirrelmail-locales* squirrelmail-viewashtml*
The following NEW packages will be installed:
php5-cgi
0 upgraded, 1 newly installed, 8 to remove and 4 not upgraded.
Need to get 6,176 kB of archives.
After this operation, 12.2 MB disk space will be freed.
Do you want to continue [Y/n]? y

Lihat baris nomor 15 dan 16 yang saya sorot.

Skrinsot apt-get dalam Konsole

purge-apache1

Peristiwa remove.

purge-apache2

Peristiwa instal.

Penutup

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Dilarang menggunakan emotikon

