Psikologi Pengguna Komputer Pemula

Bismillahirrahmanirrahim.

Kemarin saya berbincang dengan seorang guru saya. Beliau bercerita tentang kemampuan tangkap para guru sekolah menengah saat diberi penyuluhan soal komputer (Windows, tentunya). Ketika guru saya mengajari mereka, dengan memberikan buku panduan yang sudah disusun poin per poin secara runtut dan sistematis plus gambar-gambarnya, ternyata para guru itu pun masih banyak tanya per langkah yang diberikan. Mereka tanya seperti ini: “lho, yang bener, Pak? Kalau ini diklik, hasilnya itu? Yang bener?” sambil mereka sendiri belum mencobanya. Guru saya berkata: “Makanya, kalau saya menulis tutorial untuk mereka dan saya sendiri, saya harus sesuaikan dengan pola pikir mereka yaitu satu per satu. Lihat, ini saya buat tutorial poin per poin terperinci dengan gambar, walau ini bodoh bagimu, tetapi hanya dengan begini kami akan mengerti.” persis seperti yang saya yakini sebagai madzhab saya dalam menulis tutorial untuk pemula. Diambil kesimpulan dari situ, para guru itu walaupun statusnya guru, sebetulnya juga perlu bimbingan yang sangat remeh-temeh soal komputer (Windows tentunya). Mereka perlu dibimbing satu per satu, walaupun mereka guru. Kenapa? Karena kecenderungan ragu-ragu dan tidak berani mencoba tanpa ada bimbingan langsung dalam penggunaan komputer.

  • Kalau para guru sekolah — yang notabene berpendidikan — saja masih butuh bimbingan lisan dan tulisan satu per satu seperti itu, maka bagaimana lagi masyarakat lain yang bukan guru? Padahal itu sudah menggunakan Windows — yang notabene OS desktop paling mudah digunakan –.
  • Kalau yang pakai Windows saja sekian kemampuan penangkapannya, maka bagaimana lagi dengan mereka yang kita (Anda dan saya) ajak untuk menggunakan Linux?

Maka tulislah tutorial-tutorial Linux yang terperinci satu poin per satu poin lengkap dengan gambarnya, sesuai dengan psikologi pengguna komputer pemula.

Iklan

Mohon jangan gunakan emotikon:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s