Hardware Kompatibel Linux: LG GP50 SLIM PORTABLE DVD WRITER (USB)

Bismillahirrahmanirrahim.

DSC_0016 DSC_0015

Alhamdulillah. Saya beruntung mendapatkan hardware ajaib ini. Dua foto di atas adalah LG GP50 in action. Yang membuat saya senang adalah dia ini plug and play di Ubuntu 12.04 saya. Dia bisa langsung melakukan pembacaan maupun pembakaran tanpa perlu instal driver. Ajaib! Kalau Anda ingin membuat usaha bakar DVD Linux, saya merekomendasikan burner ini. Sudah murah (Rp285.000,00), plug and play, pembakarannya cepat, enteng, tidak butuh sumber daya eksternal pula. Cukup USB. Paket pembeliannya berisi burner, kabel USB, CD driver, dan buku garansi. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Aplikasi Pembakar: K3B

Berikut ini K3B in action bersama LG GP50.

keren-running-149-bit

Catatan: awalnya, saya hanya memakai Brasero untuk membakar. Prosesnya terasa sangat lama untuk hasil yang sama. Ketika saya akhirnya memutuskan instal K3B dan coba membakar, hasilnya jauh lebih cepat. CD maupun DVD. Pengaturannya pun jauh lebih kaya dan bebas, tidak seperti Brasero yang serba minim. Pilihan saya jatuh (kembali, setelah sekian lama) kepada K3B yang cepatnya bukan main. Cocok dengan LG GP50 saya.

Aplikasi Pembakar: Brasero

Berikut ini Brasero in action bersama LG GP50.

ngite-keduapuluhsatu72

Catatan: selama saya membakar dengan Brasero, saya merasa waktu pembakaran bertambah dua kali lipat atau lebih.

Kompatibilitas dengan KDE

habis-dikurangi37

Catatan: begitu ditancapkan, DVD kosong di dalam burner langsung dibaca oleh KDE dan ditayangkan informasinya oleh KNotify. Saya cuma tinggal klik untuk mengakses K3B dari situ secara langsung.

Kompatibilitas dengan GNOME/Unity

ngite-keduapuluhsatu74

Catatan: begitu ditancapkan, isi burner langsung dikenali oleh Nautilus sebagai CD/DVD data. Benar-benar ajaib. Saya tidak menginstal driver apa-apa.

Penutup

Gara-gara LG GP50 ini, saya jadi ingin mendirikan HardwareLinux di samping ModemLinux dan OfflineUser. Saya ingin tulisan bertajuk hardware kompatibel linux semacam ini sampai kepada semua pengguna Linux (yang ingin beli hardware) di Indonesia.

7 thoughts on “Hardware Kompatibel Linux: LG GP50 SLIM PORTABLE DVD WRITER (USB)

Mohon jangan gunakan emotikon:

