KTorrent, Aplikasi BitTorrent Client di Linux

Bismillahirrahmanirrahim.

Bisa dibilang, saya terlalu jarang menggunakan layanan BitTorrent. Saya selalu mengunduh pakai jalur HTTP biasa. Tentu dengan uGet, Multiget, dan XDMAN. Terakhir kali menggunakan layanan BitTorrent, seingat saya ketika menggunakan Windows di warnet dengan uTorrent. Itu pun terasa tidak memuaskan (kecepatannya) sehingga saya meninggalkannya. Saya hanya gunakan BitTorrent untuk mengunduh ISO Linux. Saya mengunduh itu untuk usaha jual CD/DVD Linux. Kenapa saya kembali kepada BitTorrent? Karena ada testimoni pengguna BitTorrent sendiri yang menyatakan unduhan ISO dengan torrent itu lebih cepat selesai dan selalu bisa di-resume kalau putus. Inilah 2 alasan saya ingin kembali. Lalu, satu-satunya nama yang tergambar di benak mengenai BitTorrent client hanyalah KTorrent. Ya, karena saya pengguna KDE dan saya kurang suka Transmission. Memang, saya cenderung menyukai aplikasi KDE karena tampilannya yang elegan. Berikut ini kumpulan skrinsot pengalaman unduh saya dengan KTorrent. 

ngite-keduapuluhsatu78

ngite-keduapuluhsatu82

Saya sengaja mengambil banyak skrinsot KTorrent untuk ISO yang sama untuk membeberkan fitur-fiturnya kepada Anda. Saya suka aplikasi yang fiturnya banyak, tampilannya mewah, dan pengaturannya luas. Seperti KTorrent.

ngite-keduapuluhsatu84

ngite-keduapuluhsatu88
Dengan ini, saya jadi tahu prinsip “seed” dan “seeders” di dalam layanan BitTorrent

Kalau tidak mencoba sendiri, saya tidak akan mengerti BitTorrent.

ngite-keduapuluhsatu90
Dengan ini, saya jadi mengerti prinsip “chunks” di dalam layanan BitTorrent

Sejak dulu, saya tidak pernah mengerti apa itu tracker di dalam protokol BitTorrent karena tidak pernah mencoba (sampai berhasil).

ngite-keduapuluhsatu91
Dengan ini, saya jadi mengenal prinsip “tracker” di dalam layanan BitTorrent
Mohon jangan gunakan emotikon:

