zsh yang Memudahkan Pengguna Kibor Rusak

Bismillahirrahmanirrahim.

utilities-terminalKibor saya rusak pada tombol panah kiri, kanan, 2 (termasuk @), 4 ($), 0 (‘)’), DEL, HOME, F5 (FN+REDUPKAN LAYAR), F11 (FN+VOLUME TURUN), PAUSE, dan INSERT. Saya telah me-remap itu semua kepada tombol-tombol lain dengan xev dan xmodmap. sudah lama menginginkan bash saya mampu melakukan autocomplete lebih canggih setelah menekan TAB, yakni setelah autocomplete saya harus bisa memilih direktori/berkas dengan tombol panah dari sugesti yang ditampilkan. Namun bash belum bisa melakukan itu sedangkan sudah lama pula saya ingin menggunakan zsh yang superkeren. Ya, saya kenal zsh dari pengguna Archlinux Indonesia yang punya shell prompt sangar. Kalau Anda sangsi betapa kerennya zsh, cobalah melirik laman ini. Siang ini saya menggunakan zsh yang sudah lama saya pasang di Precise dan melakukan sedikit konfigurasi. Akhirnya fitur autocomplete dengan pilihan itu saya dapatkan dan saya tidak repot lagi walau kibor saya rusak. Berikut ini catatan saya.

Langkah Pertama


zsh-keren-4

Langkah Kedua


zsh-keren-3

Langkah Ketiga


zsh-keren-1

Pembuktian


zsh-keren-5

Kesimpulan

zsh dengan pengaturannya yang tepat, akan sangat membantu pengguna yang kibornya rusak seperti milik saya.

Notabene

Ya, saya belum mengubah prompt shell milik zsh saya. Itu bisa dilakukan nanti.

Dilarang menggunakan emotikon

