Menggunakan Bouncer PanicBNC untuk Menyembunyikan IP Address di IRC

Bismillahirrahmanirrahim.

Bouncer? Haaah?


A. Tanpa Bouncer

saya -> freenode -> #ubuntu-indonesia

B. Dengan Bouncer

saya -> bouncer -> freenode -> #ubuntu-indonesia

Bouncer cocok dipakai di luar rumah ketika IP address harus disembunyikan.

Pendaftaran


kde-saya78

Login ke Freenode


Masih pakai webchat, karena memang tujuannya mau login IRC pakai webchat di luar rumah. Tidak ada niat menggunakan IRC client normal (karena port 6667 diblokir). Login tidak dari webchat.freenode.net tetapi https://chat.panicbnc.net. Ini namanya login ke dalam bouncer.

kde-saya89

Secara otomatis, login ke dalam bouncer akan melemparkan akun kita ke jaringan Freenode sebenarnya. Namun lihat, karena bouncer itulah IP address saya di luar rumah bisa disembunyikan. Digantikan dengan vhost The.Dea* di bawah.

kde-saya88

Bouncer Ketika Bekerja


Kita masuk ke bouncer, bouncer yang masuk ke Freenode. kde-saya90

Penutup


Semoga tulisan ini bermanfaat.

Mohon jangan gunakan emotikon:

