Bagaimana Berkontribusi Kepada Komunitas Linux?

Bismillahirrahmanirrahim.

Jika Anda merasa ingin berterima kasih kepada komunitas Linux, ada banyak jalan yang bisa Anda tempuh. Pintasan untuk ini adalah Anda cukup mengunjungi salah satu situs resmi proyek open source mana pun dan carilah pranala Contribute di sana. Bahasa lain mereka untuk Contribute adalah Get Involved.

kde-saya131

kde-saya132

1. Menulis

Salah satu cara paling mudah dan paling sederhana adalah menulis. Apa yang ditulis dan di mana harus menulis? Mudah. Untuk pemula, cukup tulis saja apa yang Anda lakukan sampai Anda bisa menyelesaikan masalah. Di mana? Suka-suka Anda. Blog (saya merekomendasikan http://wordpress.com) adalah contoh tempat yang sangat baik. Dengan itu, orang lain akan terbantu ketika menemukannya melalui Google.

kde-saya128

Kebutuhan minimum: niat.

2. Menjawab Pertanyaan

Walaupun menulis itu mudah sekali, tetapi menjawab di komunitas masih lebih mudah lagi. Cari komunitas (milis, forum, IRC, fesbuk, StackExchange, dll.) dan coba jawab pertanyaan yang Anda mampu. Ingat, jawab hanya yang Anda mampu saja. Biasakan betul mengatakan “saya tidak tahu” agar Anda tidak terjatuh pada kesalahan-kesalahan fatal. Di internet, Anda akan senantiasa dituntut bertanggung jawab.

kde-saya129

Kebutuhan minimum: pengetahuan dan pengalaman.

3. Melaporkan Bug

Pernahkah Anda melihat jendela ini di Ubuntu?

Sumber gambar: http://www.webupd8.org/2012/06/how-to-get-rid-of-internal-system-error.html

 

Sumber gambar: https://wiki.ubuntu.com/Apport

Justru di saat itulah kesempatan Anda untuk berkontribusi. Jika Anda menemukan tombol Continue atau Send, maka klik saja. Tujuan aplikasi Apport ini diadakan adalah untuk mengirimkan informasi bug atau crash kepada developer. Aplikasi Apport ini sama halnya dengan dialog Send/Don’t Send di Windows. Bisa dibilang, ini adalah aplikasi kecil yang menyambung lidah pengguna kepada developer. Dan perlu diketahui, pelaporan bug di Linux ada banyak jalan. Bahkan KDE, salah satu desktop environment di Linux, juga memiliki program tersendiri untuk melaporkan bug. Dan Anda difasilitasi lebih dengan adanya fitur melaporkan apa yang Anda suka, tidak suka, atau meminta sebuah fitur baru di dalam aplikasi.

kde-saya127

 

Serta, Anda pun difasilitasi secara lengkap untuk melaporkan bug melalui web resminya developer. Semua proyek FOSS memilikinya. Ya, semua. Entah GNOME, XFCE, LXDE, Apache, Mozilla Firefox, Mozilla Thunderbird, Libreoffice, dan apa pun. Tentu untuk bisa melakukan ini, Anda harus belajar dahulu.

Kebutuhan minimum: pengetahuan.

4. Uji Coba

Ubuntu versi sekian dirilis versi betanya. openSUSE dan Fedora juga. Di situlah kesempatan Anda untuk melakukan ujicoba. Unduh ISO-nya, tes di komputer Anda. Kirimkan laporan uji coba atau publikasikan hasilnya. Kondisi ideal untuk ini adalah adanya satu komputer tersendiri yang akan didedikasikan untuk testing.

kde-saya130

Kebutuhan minimum: internet yang kuat.

5. Mendirikan Server Layanan Masyarakat

Misalnya server repositori baru atau server semisal http://apt-web.dahsy.at atau yang lebih sulit seperti Launchpad / OpenSuse Build System.

Kebutuhan minimum: dana, pengetahuan, pengalaman.

6. Membuat Aplikasi

Ini level yang lebih sulit daripada menulis. Anda yang memiliki keahlian menyelesaikan masalah dan membuat perangkat lunak, bisa membuatnya untuk Linux. Temukan masalah-masalah yang sering menyulitkan masyarakat. Coba buat solusi dalam bentuk perangkat lunak. Lepas kepada masyarakat yang membutuhkannya. Lingkup perangkat lunak yang bisa dibuat di antaranya pustaka (library), framework, utility, atau application software.

Kebutuhan minimum: pengetahuan dan kemauan kuat.

7. Lain-Lain

Amat sangat banyak jalan yang lain. Misalnya saja donasi atau mengadakan seminar atau membuat patch atau membuat sistem sertifikasi untuk Linux atau yang lain.

Penutup

Tulisan ini bisa direvisi lagi nanti. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Iklan

6 thoughts on “Bagaimana Berkontribusi Kepada Komunitas Linux?

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s