Kembali ke Firefox

Bismillahirrahmanirrahim.

Setelah lama menggunakan Chromium (induknya Google Chrome), saya menggunakan kembali Firefox. Kali ini saya unduh tarball-nya versi 33.1.1 dari Mozilla dan memanggilnya sederhana melalui KDE Application Launcher Menu. Saya tidak menginstalnya, hanya saya sematkan di menu saja. Alasan saya menggunakannya hanya ingin tahu kecepatannya saat ini. Ternyata versi 33.1 ini lebih cepat dari versi 22 (versi terinstal saya) baik dari segi rendering maupun performa kerja aplikasinya. Saya cepat berpindah tab, cepat Ctrl+T (Chromium yang sudah berat cache-nya, lambat Ctrl+T-nya), cepat mengakses menu, dan menurut saya lebih ringan. Firefox versi ini setidaknya belum memberatkan sistem saya dengan parah. Saya bisa multitasking dengan aplikasi-aplikasi favorit lain (Quassel, Konsole, Texmaker, dan lain-lain) di RAM 2 GB dengan lancar.

bikin-iso-mkisofs16

internet-lambat21

Komentar


  1. Masalah rendering, subjektif, Chromium masih lebih cepat.
  2. Menariknya, Firefox 33.1.1 ini tidak saya instal. Tetapi dia bisa mengenali plugins dan addons dari Firefox 22 yang sudah terinstal lebih dahulu.
  3. Tidak hanya plugin, bahkan seluruh bookmark dan history pun dikenalinya.

 

Iklan

6 thoughts on “Kembali ke Firefox

  1. Menurut saya konsumsi Firefox lebih boros dari Google Chrome, setelah saya lihat di system monitor KDE saat pertama kali dibuka, firefox memakan memory sebanyak 150k sedangkan Google Chrome hanya 70k tapi setelah sama-sama dijalankan performa dan konsumsi memory nya akan relative. 🙂

  2. Tetapi dia bisa mengenali plugins dan addons dari Firefox 22 yang sudah terinstal lebih dahulu. Tidak hanya plugin, bahkan seluruh bookmark dan history pun dikenalinya.

    Itu karena firefox menyimpan data-data addons, history, dan bookmark di home directory, jadi dimanapun lokasi biner firefox nggak terpengaruh. Fun fact: data2 tersebut disimpan sebagai database sqlite dan bisa dioprek langsung dengan sembarang software db manager yang mendukung sqlite… 🙂

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s