Backup Itu Penting Edisi 4

Bismillahirrahmanirrahim.

Saya punya banyak folder dalam partisi cadangan. Folder-folder tersebut berisi amat sangat banyak folder dan berkas lain. Salah satunya adalah folder 11.10, isinya adalah segala backup dari Ubuntu 11.10 saya yang dulu. Sebenarnya saya sangat suka fitur upload folder milik Adrive (sementara Java saya gagal) dan Box.com (berhasil 100%) karena hasilnya 1:1 dengan mesin saya. Namun, unggahan Box.com tidak mendukung resume. Internet putus, ulang lagi dari awal. Sementara ukuran 11.10 3.6 GB (dan rata-rata folder backup saya sekian lebih ukurannya). Bagaimana mengakalinya? Salah satunya dengan membuat folder itu seisinya menjadi ISO image. Keuntungannya banyak, misalnya ISO tersebut kelak bisa di-mount layaknya CD/HDD dan diambil kembali isi-isinya. Berikut catatan saya membuat ISO dari folder dan mengunggahnya ke Mediafire. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Perintah


  • Bentuk umum:
mkisofs -RD -o nama_iso.iso alamat_folder/
  • Perintah saya:
mkisofs -RD -o 11.10.iso 11.10/

Hasil


bikin-iso-mkisofs
11.10.iso di atas itu adalah hasilnya

j4

Proses Unggah


internet-lambat30

 

 

4 thoughts on “Backup Itu Penting Edisi 4

  1. Setelah membaca dari Backup Itu Penting Edisi 1 sampai ke 4 saya langsung backup semua data saya, bahkan data dari semasa saya SMK pun saya backup. Waktu itu pernah pertama kali saya install Linux di laptop semua partisi ter format. Disitu saya sangat sedih dan sangat bingung, terlebih tugas tugas yang walaupun size nya kecil tapi sangat berarti karena telah melakukan observasi ke beberapa tempat dan memerlukan waktu yang lama. Setelah kejadian itu saya mulai backup data, tapi sudah lama ketika masuk perkuliahan tidak backup data lagi. Setelah membaca blog Kang Ade saya serasa diingatkan, kalau kejadian seperti dulu lagi bagaimana, apalagi tugas kuliah itu dalam hal penelitiannya harus lebih rinci dan memakan waktu lebih lama. Terima Kasih Kang atas bacaannya. Sukses selalu.

    • Alhamdulillah kalau tulisan saya berguna. Perlu saya tambahi. Dulu saya diceritai teman saya. Ada tetangganya yang kerja di perusahaan survei, melakukan survei bertahun-tahun. Data survei perusahaan 3 tahun hancur karena virus, dan tidak ada backup-nya. Orangnya menangis.

      Sekarang baru kita sadar betul pentingnya backup.

Dilarang menggunakan emotikon

