Pertama Kali Menggunakan Libreoffice Calc

Bismillahirrahmanirrahim.

openofficeorg24-calcKarena saya punya usaha jual CD Linux dan sudah beberapa kali mengirim ke luar kota, akhirnya saya berpikir mendokumentasikan ISO yang saya punya. Saya pun harus mendokumentasikan (membukukan) pesanan yang sedang saya kerjakan, agar dapat dengan tepat menghitung jumlah dan harga. Itu semuanya pasti terpenuhi dengan aplikasi spreadsheet. Di dunia kerja dan sekolah, kita mengenal Microsoft Excel sebagai spreadsheet terbaik di dunia. Di dunia software legal dan open source, kita mengenal Libreoffice Calc. Dan ia sudah ada di Ubuntu saya sejak lama, bahkan ketika namanya belum Libreoffice dan developernya masih Sun. Ini catatan pertama kalinya saya memakai Calc seumur hidup saya. Sekali pakai langsung untuk dagang. Semoga bermanfaat.

Pembukuan Inventaris Modal (ISO)


Kenapa perlu membukukan pula nama berkas ISO? Karena verifikasi itu sangat penting. Nantinya biar ketahuan jikalau ada kesalahan unduh atau kesalahan informasi terjadi. Juga ini penting untuk membuktikan ISO pesanan sudah benar-benar diunduh atau belum. Tentu kepada saya sendiri. Perintah ls dan awk berperan di sini.

debian7
Kanan: Dolphin dengan Konsole terintegrasi Kiri: Calc dan pembukuan nama-nama berkas ISO Yang terjadi: salin-tempel nama berkas dari Dolphin ke Calc
debian8
Pembukuan ISO selesai

Pembukuan Pesanan


Pembukuan pesanan saya letakkan dalam sheet tersendiri. Saya beri nama sesuai pemesan. Semoga dengan ini, saya tidak kehilangan jejak penjualan saya. Konsep sheet ini saya pertama kali pakai di Microsoft Excel. Alhamdulillah saya bisa memakainya tanpa batas di Libreoffice Calc. Rencana saya, setiap ada pesanan baru, saya akan bukukan di sheet baru. Beginilah pemula, pembukuannya amat sangat sederhana.

statistik-desaininkscape3
Libreoffice Calc dan Pembukuan

 

Komentar Saya


Alhamdulillah. Ketika pembukuan berlangsung, kebetulan ada seorang dengan pendidikan formal komputer melihat monitor saya. Beliau bilang bahwa “ternyata di Linux ada Excel-nya juga“. Kesimpulan yang langsung saya tarik adalah alangkah terasingnya Linux dan open source itu. Bahkan mereka yang berpendidikan formal semacam beliau ini, tidak tahu sama sekali keberadaan Libreoffice. Alhamdulillah dengan kesimpulan itu, saya memutuskan membuat banner untuk ODS. Saya telah menuliskannya di desaininkscape. Silakan pilih dan pajang di blog Anda. SVG juga saya sediakan. Saya telah memasangnya di sidebar restava. Berikut gambarnya.

Penutup


Jadi? Gunakan ODS, gunakan software-nya. Gunakan langsung pada dunia kerja. Ajak orang lain untuk menyadari legalitas dan software ini. Atau jika tidak, minimal gunakanlah software seperti WPS Office gratis yang bagusnya bukan main. Semoga tulisan ini bermanfaat.

6 thoughts on “Pertama Kali Menggunakan Libreoffice Calc

Mohon jangan gunakan emotikon:

