Ganti Layout Keyboard Arabic Buckwalter di KDE dan Unity dengan Terminal

Bismillahirrahmanirrahim.
start-here-kdeSudah berbulan-bulan KDE saya mengalami kesalahan tidak bisa ganti keyboard layout. Usut punya usut, baru hari ini saya bisa mendiagnosis sebabnya. Saya duga, ini masalah terjadi karena .Xmodmap kustom saya. Saya coba login ke Unity (fresh user tentu) lalu coba ganti layout ke Arabic Buckwalter, semuanya oke. Namun giliran saya aktifkan xmodmap di situ, penggantian keyboard layout tak bisa dilakukan. Diganti bagaimanapun aksara apa pun, layout tetap US. Sama dengan masalah di KDE. Oke, saya cari pemecahannya secara low level. Ketemu yang namanya setxkbmap.

Koreksi ketikan Arab pada lafadz walhamdulillah di bawah dilakukan setelah peringatan dari Kang Ali Al Quraisy. Jazakallahu khayran.

Perintah Ganti Layout ke Arabic Buckwalter


setxkbmap -layout ara -variant buckwalter

sourceforge14

Perintah Ganti Layout ke US


setxkbmap -layout us

Cara Ganti Layout


Tombol panah, pastikan bash history abadi.

Apa Itu Arabic Buckwalter?


Anda bisa mudah mengetik Arab di Windows dengan Multikey? Anda remap aksara Arab alif dengan Latin A? Arab ba’, ta’, tsa’, dengan huruf Latin yang bersesuaian bunyinya? Anda mengetik secara Latin dan otomatis komputer menuliskan secara Arab? Itu sebenarnya fitur yang ada dalam Linux sejak zaman dulu. Anda bisa lakukan tanpa instal software Multikey atau apa pun. Cukup ganti layout Anda ke Arabic Buckwalter. Ya, Arabic Buckwalter ini cerdas. Dia menerjemahkan ketikan Latin Anda menjadi ketikan Arab dan Anda tidak perlu menghafal letak huruf Arabnya karena semua sudah disesuaikan. Lihat skrinsot saya.

sourceforge18

Bukti Teks


Enaknya Arabic Buckwalter, kita nulis apa saja dalam Latin otomatis akan diterjemah dalam Arab. Tentu Anda harus selalu memeriksa ketikan Anda jangan sampai salah. Jika ketikan saya salah, mohon tegur saya.

  • Laa ilaaha illallah -> لاإلَهَ إلا اللَه
  • Walhamdulillah -> وَالحَمدُ لِله
  • Subhanallah -> لاإلَهَ إلا اللَه
  • Allahu Akbar -> اللَهُ اكبَر

Semoga bermanfaat.

Kesimpulan

  • Konfigurasi kustom xmodmap mengganggu sistem ganti layout.
  • Sepertinya saya harus beli kibor baru.

Referensi


  1. https://wiki.archlinux.org/index.php/Keyboard_configuration_in_Xorg
  2. https://bokunokeiken.wordpress.com/2014/09/24/input-method-arab-dan-jawa-dengan-cara-indonesia/
3 thoughts on “Ganti Layout Keyboard Arabic Buckwalter di KDE dan Unity dengan Terminal

  1. Wah bermanfaat sekali kang tulisannya soalnya aku akhir” ini juga lagi nyari cara nulis arab di ubuntu tp msh belum ketemu.
    Terima kasih banyak kang tutorialnya 🙂

Mohon jangan gunakan emotikon:

