Bagaimana Membantu Orang di Internet

Bismillahirrahmanirrahim.

1) Buat server layanan masyarakat. Terserah dalam bentuk web atau file atau bahkan cloud service atau yang lain. Contoh: http://apt-web.dahsy.at.

2) Berikan technical support di forum / milis / IRC / blog / grup / media lain bagi orang-orang yang bertanya. Contoh: technical support di FUI.

3) Tulis artikel-artikel seputar FOSS teknis ataupun tidak, dan sampaikan kepada yang membutuhkan secara langsung. Contoh: http://bengkelubuntu.org/teks/teknoplasma.

4) Tulis artikel-artikel seputar etika / adab-adab berkomunitas dan sampaikan kepada yang membutuhkan secara langsung.

5) Lakukan pemaketan perangkat lunak dan sampaikan kepada yang membutuhkan secara langsung. Silakan pakai metode resmi (deb, rpm, tarball) maupun tidak resmi (alldeb, isideb, PLA). Contoh: https://launchpad.net/~alldeb-team/+archive/ubuntu/alldeb-release.

6) Buat perangkat lunak bebas yang memecahkan suatu masalah masyarakat dan sampaikan kepada yang membutuhkan secara langsung. Contoh: http://otodidak.linux.or.id.

7) Jual produk yang bermanfaat melalui internet. Contoh: http://shop.canonical.com/index.php?cPath=17.

8) Lakukan konversi layanan untuk orang-orang yang membutuhkannya. Contoh: dari artikel dalam teks web menjadi PDF; PSD menjadi XCF; keharusan office suite desktop menjadi cloud; bantu migrasi ke software legal.

9) Buat video panduan penggunaan suatu perangkat lunak atau konfigurasi sistem tertentu atau desain grafis atau panduan lainnya. Manfaatkan kesempatan broadcasting untuk berlatih bicara sebaik-baiknya. Contoh: http://youtube.com/user/inkscapeindonesia.

10) Tersembunyi banyak peluang lainnya.

Jadilah yang nomor 1 di Indonesia dalam salah satunya.

Iklan

2 thoughts on “Bagaimana Membantu Orang di Internet

  1. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Halo Mas Ade. Wah, artikel yang satu ini sangat menginspirasi. Semoga dengan saya membagi tautan ke artikel ini, Linuxer-Linuxer di sekitar saya tidak sekedar jadi agen kampanye AYO PAKAI LINUX, tapi juga mampu memberi teknikal supot seperti yang “diusulkan” Mas Ade ini 😀

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s