Sampai Kapan Anda Terus Salah Format?

Bismillahirrahmanirrahim.

Baru saja saya dapat informasi ada orang terformat seluruh HDD-nya karena gagal instal Linux. Ini sudah (entah) berapa puluh/ratus kali saya mendengarnya. Ini adalah horor dan bencana yang seharusnya bisa dihentikan. Tulisan ini disusun demi kebaikan Anda.

  1. Instalasi OS itu sangat berbeda dengan instalasi aplikasi. Jangan berpikir ini mudah, berpikirlah ini susah. Sehingga Anda tidak meremehkannya.
  2. Sadarilah bahwa instalasi OS bukan sesuatu yang dilakukan setiap hari bahkan sangat jarang terjadi. Baca poin 1.
  3. Pemartisian di Linux lain dengan di Windows. Anda di Windows harus belajar, di Linux juga harus belajar. Jadi Anda harus banyak membaca tutorial sebelum instalasi.
  4. Backup data adalah kewajiban seluruh lapisan pengguna komputer apalagi ketika instal OS baru.
  5. Baca poin 4.
  6. Minta bantuan kepada teman yang pengalaman instal OS adalah sangat bijaksana.
  7. Menunda instalasi dengan alasan mempelajari tutorial dulu sampai bisa adalah lebih bijaksana lagi.
  8. Jika Anda tidak mahir menginstal OS, diamlah. Itu lebih bijaksana. Baca kutipan di bawah.
  9. Jika semuanya telah telanjur, maka Anda harus berupaya ekstrakeras untuk memulihkan data. Gunakan testdisk. Dan jangan ulangi kesalahan yang sama.

 

Kutipan

Jika suatu urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancuran.

 

5 thoughts on “Sampai Kapan Anda Terus Salah Format?

  1. andai saya membaca tulisan ini dulu hehe :

    pertama kalisaya install salah satu distro linux dualboot dengan windows , 1 Hardisk Laptop saya terformat saya tidak membackup file apa” dan bodohnya saya lupa dan nekad karna ingin belajar linux .. akhirnya kesalahan itu menjadi guru buat saya …
    😀

Mohon jangan gunakan emotikon:

