Membuat Formulir GUI dengan Qt Creator

Bismillahirrahmanirrahim.

Inilah pertama kalinya saya membuat sebuah GUI berbentuk formulir input. Saya membuatnya dari dasar formulir PDF. Yang ingin saya katakan adalah jika Anda ingin belajar membuat GUI atau software pada umumnya, maka coba terjemahkan tampilan formulir asli menjadi formulir dalam GUI. Apa yang saya buat adalah karya pertama. Penuh dengan kekurangan. Semoga nanti saya bisa memperbaikinya. Anda yang belajar Human Computer Interaction dan sedang menggunakan Linux, patut mempertimbangkan Qt Creator. Semoga ini bermanfaat.

GUI


qt-creator-gui-formulir

Formulir Asli


qt-creator-gui-formulir1

Proses Pembuatan


Saya memang kembali menggunakan teknik drag and drop kali ini. Sebenarnya saya sudah tidak suka lagi drag and drop karena saya sangat menyukai hard coding di pemrograman Qt. Namun demi kecepatan, sementara saya mengalah. Hasilnya sudah mirip software pada umumnya. Senang hati ini.

qt-creator-gui-formulir2

5 thoughts on “Membuat Formulir GUI dengan Qt Creator

Mohon jangan gunakan emotikon:

