Mencoba Antergos Linux di Virtualbox

Bismillahirrahmanirrahim.

Rolling release, Archlinux, AUR, pacman, yaourt, PKGBUILD. Itu urut-urutan hal yang ingin saya coba dari Antergos. Saya pilih Antergos karena merasa belum ada waktu untuk Archlinux dan belum cocok dengan Manjaro. Antergos adalah distro Linux turunan Archlinux yang tentu membawa serta pacman di dalamnya. Bahkan dia membawa yaourt pula. Saya sangat ingin mencoba sistem manajemen paket Archlinux. Namun saya tidak punya waktu untuk konfigurasi base system di Archlinux. Oleh karena itu, saya mencoba Antergos. Sebuah penantian yang akhirnya terjawab di April 2015.

Prainstalasi Antergos


uget-mengunduh-antergos-dan-siduction1
Cnchi, sama dengan Ubiquity di Ubuntu

Manajemen Paket Archlinux Dasar: pacman dan yaourt


Yang saya ingin pelajari adalah sistem manajemen paket. Bukan yang lain.

uget-mengunduh-antergos-dan-siduction5
Perintah pacman -Syu pertama saya

Perintah sudo pacman -Sy saja itu sama maknanya dengan apt-get update yaitu mengunduh indeks server repositori. Sedangkan perintah sudo pacman -Syu itu sama maknanya dengan sudo apt-get update + sudo apt-get upgrade + sudo apt-get dist-upgrade yaitu mengunduh indeks repositori plus meng-upgrade semua paket dalam sistem operasi.

uget-mengunduh-antergos-dan-siduction7
Versi hitam
uget-mengunduh-antergos-dan-siduction12
Instalasi SimpleScreenRecorder tidak butuh penambahan PPA
uget-mengunduh-antergos-dan-siduction16
Perintah yaourt -S pertama saya

AUR


uget-mengunduh-antergos-dan-siduction18
Perintah yaourt -G pertama saya

Arch User Repository (AUR) adalah PPA untuk Archlinux. AUR menyediakan segala software yang tidak disediakan di repositori resmi Archlinux bahkan tidak disediakan di PPA Launchpad Ubuntu dan distro Linux lainnya. Padahal saya sudah menganggap repositori Ubuntu + PPA itu adalah yang paling lengkap di keluarga Debian. Namun di luar itu, saya juga selalu menganggap Archlinux adalah distro Linux dengan ketersediaan software paling lengkap dan paling banyak melebihi Ubuntu. Pendek kata, mau instal aplikasi apa pun Anda bisa dapatkan di Ubuntu tetapi di Archlinux bukan cuma bisa tapi pasti.

Sistem kerja AUR adalah saya mengunduh satu PKGBUILD, saya lakukan makepkg terhadapnya, lalu saya sudo pacman -U terhadap .tar.xz yang dihasilkan olehnya. Paket .tar.xz di Archlinux sama dengan .deb di Ubuntu. Artinya, makepkg itu sama dengan checkinstall di Ubuntu.

uget-mengunduh-antergos-dan-siduction20
Beginilah isi sebuah berkas PKGBUILD
uget-mengunduh-antergos-dan-siduction22
Perintah makepkg pertama saya
build-tcsh-archlinux
Proses makepkg berlangsung
selesai-build-PKGBUILD
makepkg selesai
sudo-pacman-u-selesai
Perintah pacman -U pertama saya
bukti-keberhasilan-pkgbuild
Bukti keberhasilan PKGBUILD
archlinux-yaourt-S-lqxt
Bisakah Anda sudo apt-get install lxqt? Archlinux bisa!
archinux-pacman-yang-elegan
sudo yaourt -S lxqt di Archlinux berarti mengunduh lxqt (dan semua dependensi) dari repositori resmi Archlinux
ada-gagalnya-archlinux
Error karena GPG Authentication Key belum genah
alasan-kenapa-linux-kebal-virus-archlinux
sudo pacman-key –init kemudian sudo pacman-key –populate archlinux kemudian sudo pacman -Syu

Buat Anda yang masih belum bisa menerima betapa lebih amannya Linux dibandingkan Windows, silakan lihat kedua gambar di atas. Dia yang cerdas akan lekas mengerti.

setelah-key-gpg-disinkronkan-archlinux
Baru kemudian instalasi lqxt bisa dilanjutkan
lxqt-archlinux
Pilihan LXQT pada display manager
terakhir-lxqt-archlinux
LXQT berhasil dipasang di Antergos dengan sempurna

Serasa sangat lama saya menunggu sampai bisa menjajal sendiri pacman yang elegan. Saya suka sekali sistem manajemen paket Archlinux walaupun saya belum memakainya. Sekarang saya menjajalnya sendiri dan saya makin suka. Dan begitu gembira akhirnya keinginan lama saya mengulas AUR kesampaian juga akhirnya. Semoga tulisan bleeding edge untuk sistem operasi bleeding edge ini bermanfaat.

Referensi


9 thoughts on “Mencoba Antergos Linux di Virtualbox

  1. maaf kalo repost… koneksi lemot… hapus ajah…

    maaf kang…menambahkan, selain PACkage MANager (pacman) dan yaourt di arch ada lagi yaitu packer, sebenarnya sama aja dengan pacman+aur, singkatnya kalo pacman menggunakan repository dari Arch sedangkan kalo packer menggunakan repository dari AUR

    installasi packer:
    mkdir packer
    cd packer
    sudo pacman -S base-devel fakeroot jshon expac git
    wget https://aur.archlinux.org/packages/pa/packer/PKGBUILD
    makepkg
    sudo pacman -U packer-date_version.pkg.tar.xz

    cara menggunakan sama saja:
    sudo packer -S firefox

    • Sesaat sebelum ada komentar ini, saya telah membaca mengenai packer. Saya sekarang tahu ada pacman, yaourt, dan packer. Ini yang saya inginkan ketika saya memakai yaourt kemarin. Ternyata packer “orangnya”. Saya berterima kasih banyak, Kang.

      Lama sekali Belocus tidak dimutakhirkan. Namun saya yakin orangnya masih ada di balik layar. Akang pergi ke mana saja? Saya sampai selesai nulis esai KDE sendiri. Ayo kembali, Kang. Saya menantikan akang lagi.

  2. Keren ulasannya! 😄

    Sebagai tambahan, untuk install paket dari repository resmi, bisa menggunakan pacman -S, tanpa harus menggunakan yaourt karena yaourt adalah AUR helper. Jadi, yaourt digunakan untuk install aplikasi-aplikasi dari AUR tanpa harus mengunduh pkgbuild secara manual dan menjalankan makepkg dan pacman -U.

  3. assalamu’alaikum om Ade

    maaf ya ngirim info di sini, soalnya lebih cepat !

    buat komen yg di atas di hapus saja om, web nya udah 1/4 jadi di sini

    http://ilmi-apps.blogspot.com

    blog markasgambas bakalan stop (udah ga aktif / bakalan di tutup) !
    mau fokus ke blog ilmi-apps.

    om Ade udah nyoba aplikasi nya ?

    Daleman nya widgets(udah include sama gallery) + arabic keyboard + reminder !

    terima kasih.

    wassalam.

Dilarang menggunakan emotikon

