Mempelajari Slackware Edisi 2: installpkg

Bismillahirrahmanirrahim.

Saya selalu meyakini bahwa setiap pemula wajib belajar sistem manajemen paket jika memulai suatu distro. Maka prinsip itu saya pakai. Hal pertama yang saya lakukan adalah mencoba sistem manajemen paket di Slackware. Pertama-tama, saya membaca dulu situs Slackware pada halaman yang menjelaskan instalasi software. Pada pelajaran kali ini (4 Mei 2015) saya mempelajari installpkg, salah satu anggota pkgtool. Untuk pertama kalinya di dalam hidup saya, saya mengenal sesuatu yang namanya installpkg.

Teori


slackwareku12
Perkenalan pkgtool dan installpkg

Teori di atas didapatkan dari http://docs.slackware.com/slackbook:package_management. Di dalam teori ini, saya mendapat pelajaran bahwa di dalam Slackware itu ada sistem manajemen paket yang diatur oleh pkgtool. Di dalam pkgtool, ada satu program yang bernama installpkg. Program bernama installpkg inilah yang saya akan gunakan seterusnya untuk menginstal paket-paket tunggal di Slackware. Paket di Slackware berekstensi .txz, dibandingkan Debian yang .deb dan Red Hat yang .rpm. Yang paling penting dari teori di atas adalah contoh. Contoh yang dimaksud adalah sekali perintah installpkg dijalankan terhadap suatu paket txz, maka dia akan membaca paket itu, menayangkan status, kemudian menayangkan informasi teknis paket, kemudian menyatakan Package * installed. Baris paling akhir ini yang paling tampak bagi saya.

Praktik


slackwareku1

Pada praktiknya, saya menginstal satu paket txz tunggal dari dalam DVD Slackware saya. Kondisi yang ada di dalam DVD itu adalah ada banyak folder. Salah satunya direktori recordmydesktop/. Isinya adalah paket recordmydesktop dan dua buah berkas teks. Saya salin direktori recordmydesktop/ ke $HOME. Lalu saya pakai Terminal sebagai root menginstal paketnya. Saya menggunakan perintah # installpkg recordmydesktop-xxx.txz. Hasil eksekusi perintah saya adalah paket recordmydesktop terpasang di Slackware saya. Hasil standard output saya sama persis dengan contoh pada teori. Program installpkg ini dengan pembelajaran hari ini tampak seperti dpkg -i di Debian. Dia adalah program yang menginstal suatu paket secara low level.

2 thoughts on “Mempelajari Slackware Edisi 2: installpkg

Dilarang menggunakan emotikon

