Mempelajari Slackware Edisi 3: installpkg dalam Direktori

Bismillahirrahmanirrahim.

Pada hari ini (Senin, 4 Mei 2015), saya mempelajari installpkg. Kali ini berbeda dengan pelajaran edisi 2 kemarin, saya tidak menginstal satu paket tetapi seluruh paket di dalam satu folder dengan satu perintah.

Teori


Teori yang dipakai masih dari halaman http://docs.slackware.com/slackbook:package_management seperti kemarin. Halaman ini menjelaskan bahwa installpkg mampu menangani banyak paket bersamaan.

slackware25
Paragraf Pertama

Keterangan pada paragraf pertama diulang dan diperinci pada paragraf kedua sebagai berikut.

Paragaf Kedua
Paragaf Kedua

Praktik


slackwareku4
# installpkg *

Saya menginstal seluruh paket .txz di dalam direktori KDE pada DVD instalasi Slackware saya. Isi dari direktori itu adalah sesuai namanya. Saya menggunakan perintah # installpkg *.  Proses yang terjadi adalah installpkg melakukan instalasi satu per satu untuk seluruh paket .txz yang ada di dalam direktori KDE tersebut. Proses berjalan dengan baik sampai akhir instalasi.

slackware28
Perbedaan kemampuan user biasa dengan user root

Pelajaran yang saya ambil pada edisi 3 ini adalah pada Slackware saya, installpkg tidak bisa dijalankan oleh user biasa. Bahkan user biasa tidak mengenali keberadaan program installpkg. Baru ketika # su dilakukan, saya login sebagai root, root mengetahui letak program installpkg dan mampu menjalankannya. Hal ini seperti yang saya pelajari dari sejumlah teks-teks artikel keamanan komputer ‘jangan beri akses krusial untuk selain administrator’. Berbeda dengan Ubuntu yang user biasa pun walau tidak bisa menjalankan dpkg, tetap tahu posisi program dpkg (/usr/bin/dpkg). Hal ini diketahui dengan perintah which pada kedua user tersebut di Slackware. Satu menghasilkan error yang artinya dia tidak tahu dan satu menghasilkan output /sbin/installpkg yang artinya dia tahu. User pertama adalah user biasa dan user kedua adalah root. Kesimpulan paragraf ini adalah environment variable untuk pengguna sudah dibedakan di Slackware secara default.

Pelajaran kedua yang saya ambil pada edisi 3 ini adalah installpkg mampu menginstal lebih dari satu paket secara bersamaan. Hal ini seperti dpkg -i *.deb di Debian.

2 thoughts on “Mempelajari Slackware Edisi 3: installpkg dalam Direktori

Mohon jangan gunakan emotikon:

