Cara Bertanya yang Salah

Bismillahirrahmanirrahim.

Anda ingin pertanyaan Anda mendapat jawaban? Anda ingin cepat memperoleh solusi? Jika iya, maka jangan bertanya dengan cara-cara berikut. Satu hal yang pasti, para pakar itu menerima ribuan pertanyaan dari ratusan forum di internet setiap harinya. Pertanyaan satu orang Anda tidak ada artinya jika Anda salah menyampaikannya. Jangan marah. Mari, saya bantu Anda supaya bisa bertanya dengan benar.

Cara Bertanya yang Salah


  1. Menganggap diri Anda pantas mendapatkan jawaban. Buktinya Anda minta masalah cepat selesai atau Anda akan marah jika tidak ada jawaban.
  2. Bertanya dengan tidak detail. Contohnya “Linux  saya error, kenapa?”.
  3. Bertanya dengan tulisan yang salah. Contohnya “!!!!!” atau “CAPSLOCK SEMUA” atau semisalnya.
  4. Bertanya tetapi mengabaikan jawaban yang ada. Contohnya ketika ada senior memberi jawaban sebuah pranala, Anda tidak membacanya tetapi malah menanyakan hal lain.
  5. Tidak mau berusaha karena paket internet gratis. Contohnya “maaf saya terjebak di XX situs”.
  6. Menganggap level Anda sama dengan level para pakar. Contohnya Anda memaksa semua warga forum untuk mengikuti waktu Anda.
  7. Marah. Contohnya Anda memaki sebagian warga forum atau menghina keseluruhan forum baik secara halus maupun kasar.

Solusi


  1. Jangan menganggap diri Anda pantas mendapatkan jawaban. Jangan minta masalah cepat diselesaikan. Anda tidak membayar untuk technical support di internet. Tiada hak bagi Anda memaksa orang menjawab. Anggapan seperti itu adalah sebab musabab masalah yang lebih besar di internet. Buatlah pertanyaan Anda itu baik, sehingga cukup pantas dilirik para senior untuk dijawab. Bukan malah memaksa warga forum membantu Anda.
  2. Bertanyalah dengan detail serinci mungkin. Beri detail-detail penting supaya pertanyaan Anda layak diperhatikan oleh para senior. Sebutkan spesifikasi hardware dan spesifikasi software Anda. Misalnya saja “hardware saya Intel Celeron RAM 2 GB HDD 320GB VGA Intel; software saya Linux Mint 17 desktop environment Cinnamon 32 bit”. Perhatikan bahwa kedetailan informasi ini paling penting ketika Anda bertanya. Pertanyaan tidak ada bedanya dengan sampah kecuali disertai kedetailan informasi ini.
  3. Bacalah etika internet seperti ini dan ini dengan saksama sebelum Anda masuk ke forum mana pun. Baca dan perhatikan semua poinnya. Jangan pernah salah ketik di forum di internet sebisa mungkin. Jangan pernah memakai teks-teks yang dilarang di internet macam kapital semua, tanda seru berulang, tanda tanya berulang, dan larangan-larangan lain. Perhatikan bahwa Anda tidak hidup sendiri. Anda wajib menghormati orang lain di internet. Sekali lagi, perhatikan ini baik-baik.
  4. Ini sebuah etika terburuk abad ini. Salah Anda sangat fatal. Anda meminta pertolongan orang, setelah ditolong, Anda abaikan. Jika admin menghapus Anda, itu salah Anda sendiri. Solusinya adalah sadari salah Anda lalu perhatikan tiap-tiap jawaban untuk pertanyaan Anda. Beri respon untuk satu per satu jawaban yang diberikan. Jangan ada yang Anda abaikan. Anda sudah dibantu, giliran Anda memberikan umpan balik.
  5. Salah Anda sendiri menggunakan paket gratisan tersebut. Jika sadar Anda bertanya di internet, maka sadar juga Anda akan diberi pranala-pranala internet. Sadari kesalahan Anda. Kami semuanya di internet menyempatkan diri untuk membantu orang lain, jadi kewajiban Anda (bukan kami) untuk mengunjungi pranala yang diberikan. Sekali lagi, kami telah berusaha dan kami telah membantu, Anda tidak boleh mengeluh.
  6. Para pakar menerima ratusan pertanyaan dari ratusan forum Linux berbeda setiap hari di Indonesia maupun internasional. Camkan itu. Pertanyaan satu orang Anda tidak ada artinya jika buruk penyampaiannya. Camkan pula. Waktu para pakar sangat sempit karena banyak beban teknis. Anda yang menyesuaikan waktu mereka siapa pun Anda, bukan mereka yang harus Anda paksa mengikuti kemauan Anda.
  7. Jangan marah. Internet adalah sarana tidak langsung. Mimik wajah, intonasi, suara, gerak badan, tidak bisa diperlihatkan langsung. Salah paham sangat mudah terjadi. Solusinya adalah berusaha membuat pertanyaan sebagus mungkin agar layak diperhatikan oleh para pakar.

Penutup


Tulisan ini adalah bentuk ringkas dari tulisan saya sebelumnya yang ini, ini, dan ini. Tulisan ini juga ringkasan dari tulisan terjemahan ini. Tulisan ini disusun karena banyaknya orang (sehebat apa pun itu) yang tidak mengerti metode bertanya di internet. Tulisan ini disusun secara singkat padat karena hanya itu caranya sehingga jangan Anda kesal membacanya. Tulisan ini tidak ditutup kemungkinannya untuk direvisi di masa depan. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Iklan

6 thoughts on “Cara Bertanya yang Salah

  1. Pedoman yang sangat baik untuk para pemula kang. Dulu waktu saya baru terjun ke dunia perforuman belum pernah lihat tulisan semacam ini. Alhasil saya harus kena batunya terlebih dahulu baru mengerti. Semoga tulisan ini dapat membantu mengurangi kesalahan-kesalahan para pemula yg baru terjun kedunia perforuman.

  2. Saya tambahin ya.

    OOT atau Out of Topic, atau dalam bahasa Indonesia “Jaka sembung bawa golok”. Adalah bertanya pada tempat yang tidak sesuai. Misalnya: “Kira-kira film Avenger: Age of Ultron kapan releasenya?”, padahal dia memposting pertanyaan tersebut di forum elektronika.

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s