Mempelajari Slackware Edisi 4: Menginstal slackpkg

Bismillahirrahmanirrahim.

Sebagai lanjutan pelajaran sistem manajemen paket Slackware yang kemarin, saya mencoba mengenali slackpkg. Di dalam Slackware saya, ternyata program slackpkg belum terinstal. Maka saya harus menginstalnya secara manual. Berikut catatan belajar saya (pada Rabu, 6 Mei 2015) menginstal program slackpkg.

Teori


slackwareku29
Perkenalan slackpkg dari Slackbook

Teori yang dipakai masih dari http://docs.slackware.com/slackbook:package_management seperti kemarin. Di halaman ini, dijelaskan bahwa slackpkg mengurangi langkah kerja instalasi paket jika dibandingkan dengan installpkg semata. Dengan installpkg 4 langkah, sedangkan slackpkg 2 langkah. Secara umum demikian. Dijelaskan bahwa inti pemakaian slackpkg adalah network retrieval. Slackpkg bertugas mencarikan dan mengunduh paket dari server repositori Slackware di internet.

slackwareku30
Perkenalan slackpkg dari Situs Slackpkg

Teori berikutnya diambil dari situs resmi slackpkg itu sendiri yakni http://slackpkg.org. Di sini, dijelaskan bahwa slackpkg adalah perangkat untuk menginstal atau meng-upgrade paket melalui jaringan. Diharapkan dengan slackpkg, pengguna bisa menginstal base system saja kemudian memasang satu per satu paket yang diperlukan. Pengguna tidak lagi membutuhkan keping-keping DVD repositori atau sengaja membuat repositori lokal. Cukup dengan slackpkg ke arah internet. Di sini, dijelaskan juga bahwa pengguna harus menginstal sendiri slackpkg secara manual.

Praktik


slackwareku13
# installpkg slackpkg-2.82.0-noarch-2.tgz

Pertama-tama, saya mengunduh dahulu paket slackpkg dari http://www.slackpkg.org/stable/slackpkg-2.82.0-noarch-2.tgz dengan ukuran 56 KB pada komputer host. Saya pilih 2.82.0 karena ini paket dengan versi paling mutakhir di laman http://www.slackpkg.org/stable/. Kedua, saya pindahkan paket itu ke usb drive. Ketiga, saya mount usb drive itu ke dalam guest Virtualbox. Kemudian, saya mount usb drive itu ke dalam Slackware dengan perintah # mount /dev/sdb1 /media/master/. Maka sekarang usb drive saya berada di dalam /media/master. Kemudian, saya pindahkan paket slackpkg tadi ke $HOME. Keempat, saya menginstal paket slackpkg itu dengan perintah # installpkg slackpkg-2.82.0-noarch-2.tgz. Proses instalasi program slackpkg berhasil. Saya sekarang memperoleh slackpkg di Slackware saya.

Pelajaran yang saya ambil dari edisi 4 ini adalah slackpkg diinstal secara manual. Harus diinstal manual karena ternyata saya tidak memilih ap/ saat menginstal Slackware. Dengan kata lain, slackpkg sudah tersedia di dalam DVD Slackware pada bagian ap/. Buktinya ada pada teori pertama di atas pada paragraf pertamanya. slackpkg tidak meminta dependensi lain ketika installpkg menginstalnya. slackpkg bisa langsung dijalankan setelah ia selesai diinstal. slackpkg membawa manpage miliknya di dalam paketnya yang berukuran 56 KB itu.

6 thoughts on “Mempelajari Slackware Edisi 4: Menginstal slackpkg

Dilarang menggunakan emotikon

