Merekam Seluruh Riwayat Teks Perintah dan Output Terminal di Linux

Bismillahirrahmanirrahim.

man script

Nama perintah ini sering terlupakan karena sangat globalnya. Sering terkacaukan dengan perintah screen. Perintah ini sudah built-in di dalam Ubuntu. Saya butuh script karena .bash_history semata hanya merekam perintah tanpa merekam output-nya. script akan merekam segala-galanya.

Screenshot from 2015-05-12 09:02:46

One thought on “Merekam Seluruh Riwayat Teks Perintah dan Output Terminal di Linux

  1. Saya butuh riwayat output Terminal karena saya butuh seluruh output dari seluruh perintah apt yang saya kerjakan. Banyak hal yang terbuang sia-sia kalau riwayat output tidak direkam. Di antaranya adalah riwayat paket yang diinstal, riwayat pesan error, keterangan asal paket dari 4 jenis repositori Ubuntu (main restricted multiverse universe), dependensi masing-masing instalasi, dan lain-lain. Saya menghindari kesia-siaan itu dengan script.

Mohon jangan gunakan emotikon:

