Anda Berani Memilih?

Bismillahirrahmanirrahim.

Anda berani memilih salah satu distro Linux? Misalnya memilih Slackware seperti Pak Widya Walesa, CentOS seperti Pak Mafatahna, ClearOS seperti Pak Andi Micro, openSUSE seperti Pak Masim Vavai Sugianto, atau IGOS seperti Pak Nana Suryana? Atau belum waktunya? Lalu kapan? Tulisan ini ditujukan untuk para pemula (yang belum mencapai masa 5 tahun menggunakan Linux).

Maksud Memilih


  1. Choose one, master it consistently.
  2. Investasi waktu untuk salah satu distro saja.
  3. Menulis tulisan mengenai yang sudah dipilih itu.
  4. Membuat karya dengan yang sudah dipilih itu (termasuk wirausaha dan mengembangkan distro).

Tulisan ini condong membahas poin ketiga. Titik beratnya adalah apa yang Anda sampaikan kepada orang lain bukan apa yang Anda sendiri gunakan.

Melompat


Apakah Anda masih bergonta-ganti distro?

Masa Depan


Pilihan ini penting untuk masa depan. Karena kita tidak hidup sendiri. Kita hidup berinteraksi dengan orang lain. Maka konsistensi akan memudahkan orang lain belajar. Jika memang Anda ingin menyebarkan Linux di Indonesia, be consistent. Orang-orang yang melakukan itu sudah saya sebut di awal paragaf.

Penutup


Saya sendiri sudah memilih Ubuntu sejak awal. Saya punya satu blog khusus yang membahas tentang Ubuntu. Saya punya beberapa blog sampingan yang semuanya membahas Ubuntu pula. Kaidah asalnya adalah Ubuntu, lalu jika ada hal penting yang harus dibahas selain Ubuntu, maka dibuat pengecualian. Saya menginginkan konsistensi sehingga UX di sisi orang lain tercetak dengan mudah. Tujuan paling akhirnya pemahaman legalitas perangkat lunak dan teknikal Linux bisa tersampaikan dengan baik. UX itu penting, so be consistent.

Iklan

8 thoughts on “Anda Berani Memilih?

Mohon jangan gunakan emotikon:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s