Memilih Jalan Terbaik

Bismillahirrahmanirrahim.

Banyak orang ingin memasyarakatkan Linux. Ya, jika disebut Linux saja maka makna yang diinginkan adalah platform Linux yang mencakup segala program untuknya, hardware-nya, GNU, free software, open source, dan komunitasnya. Bahkan bisa saja disebut Linux tapi makna yang dimaukan termasuk BSD karena sama-sama free software. Sebagian orang ingin menjadi hulu, orang yang memigrasikan pengguna Windows ke Linux. Caranya adalah dengan bicara langsung satu per satu tatap muka kepada pengguna Windows bajakan. Inti pemikiran cara ini adalah mengumpulkan orang sebanyak-banyaknya ke Linux. Impact cara ini di antaranya nanti ada bantah-bantahan dengan pengguna Windows bahkan mungkin saling hina yang tidak penting. Saling ngotot berhari-hari lamanya dan terakhir orangnya batal menggunakan Linux. Bagi saya, ini bukan cara terbaik. Saya telah lama sekali meninggalkan cara ini. Saya telah skeptis dan saya menutup jalan selama-lamanya untuk jalan itu.

Saya memilih tidak mengumpulkan orang. Jumlah manusia tidak menarik dan saya sengaja tidak mencarinya (bukan tidak sengaja). Saya memilih skala saya sendiri. Skala satu orang, skala terkecil masyarakat. Saya hanya mau peduli pada orang yang sudah niat. Saya memikirkan skala kecil, lingkup orang-orang yang sudah menginstal Linux dari keinginan sendiri. Saya memilih untuk mendidik mereka ini, saya tidak peduli pada mereka yang masih menggunakan Windows bajakan. Cara yang saya tempuh adalah memperkuat yang sudah ada. Saya tidak mencari yang belum ada. Saya tidak memperbesar jumlah. Saya sudah merasa cukup dengan jumlah yang ada, walaupun sedikit bahkan tidak ada sekalipun. Inti cara saya adalah menjaga yang sudah ada. Impact cara saya adalah hemat sehemat-hematnya sehingga saya fokus. Hemat ngomong, hemat waktu, hemat tenaga, hemat uang. Saya cukup menulis atau membuat karya yang itu nyata dan langsung digunakan masyarakat. Ini lebih pasti. Inilah cara orang-orang hilir. Dan bagi saya inilah jalan terbaik.

Friday, September 11, 2015 03:25 AM

