Sebelum Anda Memulai GNU/Linux

Bismillahirrahmanirrahim.

Berikut ini saya tuliskan pesan-pesan saya untuk siapa saja yang hendak mempelajari GNU (GNU, Linux, Free Software, dan Open Source) di Indonesia.

  1. Milikilah Bahasa Inggris yang fungsional. Artinya, minimal milikilah kemampuan membaca teks berbahasa Inggris. Akrab dengan Wikipedia EN termasuk bagus. Saya letakkan di poin pertama karena penting.
  2. Milikilah modal uang. Artinya, miliki biaya yang cukup untuk internet dan transportasi fisik. Anda akan memerlukannya untuk membaca teks di internet, mengunduh distribusi GNU/Linux, dan menginstal program. Jika tidak memiliki internet pribadi, biaya transportasi dibutuhkan untuk menggunakan internet publik. Mampu menyiasati satu lembar Rp5.000 untuk mengunduh Ubuntu, teks dan video tutorialnya, serta paket perangkat lunak offline-nya, termasuk bagus.
  3. Miliki mindset “menerima”, bukan mindset memberontak“. Artinya, jangan jadi pengguna yang bergampang-gampang mengkritik suatu sistem. Jangan kembangkan kemampuan mengeluh, kembangkan kemampuan adaptasi. Jangan menilai perangkat lunak dari tampilannya atau fungsionalitasnya semata. Jangan terlalu cepat menarik kesimpulan, apalagi memublikasikannya di internet tanpa pertimbangan. Anda bakalan ditolak secara otomatis oleh GNU/Linux itu sendiri. Mampu menerima kekurangan soal hardware di GNU/Linux termasuk bagus.
  4. Jangan menyerah. Artinya, GNU/Linux dan Free Software dunia yang penuh tantangan berat. Memasang mindset “jangan mudah menyerah” saja tidak cukup. Anda tidak boleh menyerah dalam keadaan fatal sekalipun. Mampu menyiasati persoalan sosial format dokumen termasuk bagus. Harga sebuah usaha akan mahal pada saatnya.

Sudah, itu saja.

Iklan

2 thoughts on “Sebelum Anda Memulai GNU/Linux

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s