Masalah Bahasa Inggris Pemula Linux

Bismillahirrahmanirrahim.

1. Kesulitan Halaman Unduh Resmi

Di http://ubuntu.com/download maupun http://elementary.io, orang bisa mengunduh Ubuntu maupun elementary OS gratis. Hanya saja, halaman unduhan tersebut memberikan pilihan untuk menyumbang uang. Karena tidak paham Bahasa Inggris, gak paham arti kata ‘Custom‘, biasanya hanya memandang tulisan ‘Download‘, banyak orang langsung menyimpulkan Ubuntu atau elementary OS berbayar. Banyak di antara mereka langsung membuat tulisan di forum menyatakan tidak bisa mengunduh. Sebuah kesimpulan yang terlalu cepat datangnya. Andai saja mereka mau sedikit membaca dengan tenang, mereka pasti paham maksudnya. Toh ada Google Translate di zaman ini.

2. Kesulitan Dokumentasi

Di http://wiki.archlinux.org, kita memperoleh ribuan halaman berkualitas tinggi mengenai Linux (tidak hanya Arch). Hampir semua permasalahan sudah disebut di sana bahkan disertai solusi-solusi. Hampir setiap SERP pasti menyertakan wiki Arch ini saking lengkapnya. Namun wiki Arch tidak sendirian. Wiki Ubuntu ada, wiki Gentoo ada, wiki Debian ada, wiki Fedora ada, askubuntu.com ada, stackoverflow.com ada, semuanya sudah terlalu mudah ditemukan melalui Google (eksternal) atau kotak pencarian (internal). Itu pun masih ditambah Wikipedia tempat kita bisa membaca definisi-definisi yang kita tidak tahu (misalnya apa itu Linux dsb.). Hanya saja, cuma gara-gara tidak bisa Bahasa Inggris, orang mengabaikan seluruh kepustakaan yang kaya raya itu. Kalau ada masalah, mereka cenderung tidak mencari di sana properly, tapi langsung minta bantuan. Semua itu jadi tidak ada artinya cuma gara-gara pengguna tidak bisa Bahasa Inggris. Padahal sudah ada kamus cetak dan Google Translate.

3. Kesulitan Diagnosis

GNU dan Linux adalah sistem yang bertanggung jawab. GNU dan Linux tidak serumit badan manusia, ketika error tidak ada teks detail error yang tampak. Di GNU dan Linux, tidak ada satu masalah kecuali ditayangkan pesan error disertai detail permasalahan yang muncul. Salin pesan itu ke Google dan solusi berlomba-lomba menampakkan dirinya (bandingkan dengan BSOD di Windows 8 menayangkan emotikon besar dengan pernyataan ada error tanpa kejelasan apa detail error-nya). Hanya karena tidak bisa Bahasa Inggris, orang mengabaikan pesan error tersebut, mungkin dianggapnya tidak bermakna. Sayang, seandainya mengerti Bahasa Inggris sedikit saja, orang pasti sadar kalau pesan itu justru “petunjuk” bagi “detektif Google” untuk memecahkan masalah. Sekali lagi, hanya gara-gara tidak paham Bahasa Inggris.

4. Kesulitan Antarmuka

Bahasa baru seperti berkas, unggah, unduh, perangkat, cakram, perlu dibiasakan sejak dini. Karena bahasa ini munculnya saat Anda telah dewasa, mau tidak mau Anda harus belajar lagi. Dan belajarnya dengan mempelajari source mereka, yakni istilah-istilah tersebut dalam Bahasa Inggris. Tanpa pernah mengerti disk, Anda tidak akan pernah mengerti diska. Dan seterusnya. Sayang banyak orang mengeluh bahkan gampang mengejek penerjemahan Indonesia dalam hal ini tanpa pernah terlibat sama sekali. Ini gara-gara tidak mengerti Bahasa Inggris (plus tidak mengerti Bahasa Indonesia sekaligus).

Sekapur Sirih

Saya sejak usia SD mampu membaca teks berbahasa Inggris dan paham artinya. Saya sejak usia itu juga senang membuka kamus ketika ada kosakata yang saya tidak kenal. Saya menyalakan komputer dengan kamus di tangan. Hal ini sangat membantu saya ketika belajar GNU/Linux. Menyimpan laman-laman Wikipedia dan membacanya di rumah, me-mirror suatu situs free software dan membacanya di rumah, memahami error-error yang muncul berbekal kamus (saat itu saya cuma punya kamus cetak), menyelesaikan permasalahan Linux (dan Windows) saat itu berbekal pengetahuan bahasa semata, adalah hal yang saya kerjakan sehari-hari. Lagipula, saya belajar Linux atas kemauan saya sendiri tanpa pengaruh pihak lain sedikit pun. Saya menggunakan Linux di desa yang tidak ada internet tanpa bantuan seorang pun (karena siapa juga yang pakai Linux kala itu). Saat itu, usia saya masih lebih muda dari Anda. Pengguna Linux pemula yang belum mencapai itu, cenderung kesusahan belajar Linux. Karena tidak megang kuncinya. So, miliki Bahasa Inggris yang fungsional sebelum belajar Linux. Semoga sukses.

Iklan

2 thoughts on “Masalah Bahasa Inggris Pemula Linux

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s