Anggapan Dasar Saya di Free Software

Bismillahirrahmanirrahim.

Saya melihat Free Software (orang Indonesia suka menyebutnya Open Source) sebagai satu dunia tersendiri. Saya bekerja di dunia Free Software berdasarkan suatu anggapan dasar yang paten. Anggapan dasar ini saya bangun dari pengalaman pribadi. Anggapan dasar ini yang membentuk semua kecenderungan dan perilaku saya di Free Software. Anggapan dasar ini berlaku mulai era pertengahan saya kenal GNU/Linux dan tidak berubah hingga hari ini. Anggapan dasar ini mayoritasnya hanya saya berlakukan di Indonesia.

1. Jumlah

Satu orang lebih baik daripada banyak orang.

2. Keseriusan

Orang cenderung tidak serius dengan Free Software.

3. Mesin

Orang cenderung serius di platform server bukan di platform desktop.

4. Ketekunan

Orang cenderung malas mengurusi Free Software.

5. Konsistensi

Orang cenderung tidak konsisten dengan Free Software.

6. Gotong Royong

Orang cenderung tidak mau gotong royong di Free Software.

7. Persatuan

Orang cenderung tidak bersatu di Free Software.

8. Kemudahan

Free Software itu sulit.

9. Kesederhanaan

Free Software itu kompleks.

10. Umur

Lebih tua lebih baik.

One thought on “Anggapan Dasar Saya di Free Software

Komentar ditutup.