Mengenal GNU Lebih Dekat

Bismillahirrahmanirrahim.

Pada akhir 2015 saya untuk pertama kalinya melihat laman berjudul GNU Users Who Have Never Heard of GNU dan sangat terkejut mengingat saya sendiri hingga pada hari itu memang tidak kenal GNU. Kenalnya segala-galanya disebut Linux. Hal ini kesalahan fatal bagi saya. Mulai akhir 2015 saya memulai ulang pembelajaran saya dari nol kembali dengan titik berat pada GNU. Saat ini di pertengahan 2016 saya menemukan tiga metode mudah untuk mengenal GNU bagi orang awam. Intisarinya adalah pada mengenali komponen-komponen GNU yang selama ini sudah dikenal atau pernah digunakan.

  1. Baca http://www.gnu.org/manual/manual.html. Laman ini memuat daftar seluruh nama paket software dari Sistem Operasi GNU. Daftarnya sangat panjang, itu pun hanya menyebut paket-paket software dan banyak nama tunggal software tidak termasuk (mis. chroot tidak terlihat pada daftar karena sudah termasuk pada paket GNU coreutils). Yang diinginkan dari hal ini adalah diketahuinya secara total komponen-komponen GNU dari situs resminya sendiri. Ini pendekatan eksternal.
  2. Baca man <nama_program> lalu lihat baris paling bawah. Cek satu per satu program konsol yang selama ini digunakan. Yang diinginkan dari hal ini adalah diketahuinya program-program yang selama ini digunakan seperti ls cp mv rm rmdir mkdir chroot chown chmod bash semuanya adalah komponen dari GNU, bukan komponen dari kernel Linux. Ini pendekatan internal.
  3. Baca dpkg -l | grep -i gnu lalu lihat hasilnya. Cek satu per satu baris yang muncul. Dari sini akan tampak GNU C Library, GNU binutils, GNU Compiler Collection, GNU coreutils, GNU gettext, GNU Bourne Again SHell, dan seterusnya. Yang diinginkan dari hal ini adalah diketahuinya seluruh paket GNU di dalam distribusi GNU/Linux yang sedang digunakan secara pasti. Ini pendekatan internal. Catatan: pengguna distribusi GNU/Linux selain keluarga Debian silakan gunakan perintah yang bersesuaian.
Iklan

Dilarang menggunakan emotikon

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s