Flash Disk Baru

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah. Saya membeli sebuah USB flash drive baru pada 16 September 2016. Spesifikasinya SanDisk Cruzer Blade 16 GB seharga Rp55.000. Tulisan ini mengikuti tulisan laptop baru di blog utama.

dsc_1626b

Alhamdulillah, dengan kandar baru ini saya dapat melakukan riset yang saya tidak bisa lakukan sebelumnya (karena hilangnya flash disk). Di antaranya adalah sudah tentu memuat live session GNU/Linux dan kemudian menyimpan data. Ditambah lagi, dengan kandar ini saya bisa memindah data dengan mudah di antara 2 laptop. Di antara GNU/Linux yang sudah saya muat ke SanDisk ini hingga hari ini (2 Oktober 2016) adalah openSUSE, elementary OS, Linux Mint 18, BlankOn, dan deepin.

Di antara pelajaran yang saya peroleh bersama kandar ini adalah bahwa program baris perintah GNU dd saat ini sudah memiliki fitur progress bar bawaan. Di antara pelajaran lain yang penting, adalah bahwa dengan ini saya bisa belajar perintah fdisk dan mkfs, yang sebelumnya tidak mampu saya lakukan. Ke depannya, saya akan gunakan flash disk ini untuk setiap distribusi GNU/Linux yang hendak saya tulis artikelnya atau yang mau saya pelajari secara spesifik. Alhamdulillah, saya harap sebuah flash disk ini bisa bermanfaat untuk diri saya dan masyarakat seluruhnya.

Mohon jangan gunakan emotikon:

