Perkembangan Proyek Bengkel Ubuntu #1 Selasa 25 Oktober 2016

Bismillahirrahmanirrahim.

Selama ini, sejak 2014 sampai 2016, setiap perubahan yang saya lakukan di Proyek Bengkel Ubuntu (http://bengkelubuntu.org) tidak saya dokumentasikan secara sinambung di Restava. Dimulai hari Selasa 25 Oktober 2016 ini saya putuskan akan saya tulis catatan perubahan di Restava setiap saya mengadakan perubahan di dalam proyek tersebut. Simbol #1 di atas menandakan ini catatan pertama yang akan dicatat secara sinambung. Proyek Bengkel Ubuntu adalah proyek free software terbesar saya.

  1. Satu minggu ini saya mengalami kegagalan terus menerus untuk melakukan unggah (baca: git push origin master) total data 6.4GB ke repositori GitLab milik Proyek Bengkel Ubuntu (https://gitlab.com/Malsasa/repositorialldeb-bengkelubuntuorg). Di antara bentuk kegagalan itu adalah kecepatan unggah yang mencapai 10 KiB/s tidak menolong amat sangat. Hal ini tidak saya ketahui sebabnya, padahal setiap malam saya berusaha melakukan unggah memakai @wifi.id. Pengunggahan kali ini adalah untuk paket-paket .alldeb untuk Ubuntu 16.04 Xenial Xerus amd64. Ya, saya tidak lagi memakai jasa penyimpanan Mediafire dan beralih ke GitLab sejak distribusi xenial amd64 ini.
  2. Dimulai 25 Oktober ini saya menjalani strategi “apabila aku tak bisa mengalahkanmu dengan satu pukulan, aku akan mengalahkanmu dengan banyak pukulan“. Saya melakukan push satu per satu paket, atau dua per dua paket, atau empat per empat paket, alih-alih melakukan push keseluruhan paket sekaligus. Strategi ini sukses untuk saat ini, yang pada waktu poin 2 ini saya tulis commit saya di GitLab mencapai angka d9677a6f yakni commit ke-5 pada 25 Oktober ini. Padahal sebelumnya selama seminggu saya hanya berhasil commit satu kali.
  3. Kecepatan unggahan malam ini mencapai 600 KiB/s dengan stabilnya di sekitar 300 KiB/s. Dibandingkan sebelumnya, saya maksimal hanya memperoleh 90 KiB/s dengan stabilnya di sekitar 30 KiB/s.

Gambar: Paket-Paket yang Harus Diunggah

screenshot-from-2016-10-25-23-12-56

Gambar: Prosesi Pengunggahan

screenshot-from-2016-10-25-23-24-49

Gambar: Hasil Pengunggahan di GitLab

screenshot-from-2016-10-25-23-39-26

One thought on “Perkembangan Proyek Bengkel Ubuntu #1 Selasa 25 Oktober 2016

Dilarang menggunakan emotikon

