Tenangkan Masyarakat, Terangkan GNU/Linux Aman

Bismillahirrahmanirrahim.

Ade Malsasa Akbar <teknoloid@gmail.com>

Kita sebagai warga komunitas free software Indonesia punya tugas menenangkan masyarakat Indonesia manakala ada isu-isu malware menyerang. Tenangkan semua orang awam, beritakan GNU/Linux aman. Tenangkan masyarakat yang gelisah bahwa GNU/Linux itu aman dan tidak sendirian, sebab ada BSD yang juga aman sepertinya. Tenangkan masyarakat dengan jujur bahwa free software aman dan –sebaliknya– sumber ketidakamanan ialah proprietary software. Jelaskan dengan jujur tanpa iri-dengki bahwa GNU/Linux memang aman, dan Windows itulah yang tidak aman. Bagaimana menjelaskannya? Artikel singkat ini meringkasnya untuk Anda. Sebarkan dan jelaskan kepada masyarakat!

Tulisan ini menyertai artikel lain setopik Mengapa GNU/Linux Aman, Mengapa GNU/Linux Kebal Malware, Solusi Ransomware 2017, dan GNU/Linux Tidak Butuh Antivirus.

Sebab-Sebab

Sebab paling utama saya ringkaskan 2 poin saja: perilaku pengembangnya dan manakala cacat ditemukan.

  • Kenapa GNU/Linux itu aman? Sebab perilaku pengembangnya (menunaikan hak masyarakat) dan manakala cacat ditemukan (semua pengguna berhak memperbaiki & menyebar perbaikan).
  • Kenapa proprietary software tidak bakal bisa aman? Sama juga, sebab perilaku pengembangnya (sengaja menzalimi hak pengguna) dan manakala cacat ditemukan (semua pengguna diblokir haknya memperbaiki & diblokir haknya menyebar perbaikan).
  • Maka kalau GNU/Linux aman itu wajar, kalau Windows (proprietary software) tidak aman juga wajar.

Virus & Ransomware itu Proprietary

Jelaskan ke masyarakat bahwa definisi nonfree software (proprietary) ialah software yang pembuatnya mengontrol pengguna melaluinya. Pengguna dikontrol paksa oleh softwarenya dan pengembangnya, itulah proprietary.

  • Memakai nonfree software = menyerahkan kuasa perkomputeran kita ke pengembang, kita hilang kuasa.
  • Memakai virus = perkomputeran kita dikuasai pengembang virus, kita hilang kuasa.
  • Sama.

Hentikan Malware Windows

Windows itu sendiri ialah malware. Dibuktikan oleh FSF, sistem operasi ini telah ditanami malware secara sengaja oleh pembuatnya sendiri. Bukti-bukti telah terbongkar secara internasional sebagaimana dilansir FSF dan EFF serta pihak-pihak independen. Maka stop merekomendasikan Windows ke teman, stop memuji fiturnya, peringatkan teman-teman Anda atas bahaya Windows, sebab dia merugikan masyarakat (kecuali Microsoft mengubahnya jadi free software).

Kunci memahami masalah ini: pengembangnya (yaitu Microsoft) sengaja melakukannya dan pengguna sama sekali tidak punya kuasa menolak/mengubahnya. Itulah proprietary software. Maka tidak ada cara lain selain peringatkan masyarakat dari bahaya Windows.

Jika Malware Menyerang…

Maka musuh pertama kita adalah pemikiran proprietary di balik malware itu, yang bunyinya ‘saya harus berhak menguasai pengguna & memperlakukannya seenaknya‘. Inilah penyebab asli yang banyak pendengki sengaja tidak menjelaskannya ke masyarakat. Dan musuh keduanya barulah si malware itu sendiri, yang tidak lain tergolong proprietary software. Maka inti permusuhan mereka terhadap masyarakat ialah bahwa mereka itu proprietary software (nonfree), yakni jalan masuk bagi pengembang untuk menganiaya pengguna. Solusinya peringatkan masyarakat bahwa proprietary itu jahat dan merugikan sehingga mereka waspada penuh, tolak proprietary software dan pemikirannya.

Kesimpulan

Ajarkan kepada masyarakat untuk tetap tenang. Tetap gunakan free software, tetap gunakan GNU/Linux, peringatkan umat dari bahaya Windows. Peringatkan bahwa inti masalahnya proprietary software, bukan hanya malware, dan yang harus dikecam keras ialah proprietary software & pemikirannya. Virus & ransomware muncul sebab pemikiran bahwa ‘saya harus berhak menguasai pengguna & memperlakukannya seenaknya‘ dan itulah pemikiran proprietary. Software yang lahir dari pemikiran ini adalah proprietary software, tidak peduli itu Windows atau virus. Jika kita ingin aman, maka itulah proprietary software & pemikirannya yang harus kita tolak bersama-sama. Dunia tanpa proprietary software = dunia tanpa malware. Free software, GNU/Linux dan BSD, itu aman.


Tulisan bertopik software freedom ini berlisensi CC BY-ND 3.0 https://creativecommons.org/licenses/by-nd/3.0/.

Iklan

2 thoughts on “Tenangkan Masyarakat, Terangkan GNU/Linux Aman

Mohon jangan gunakan emotikon:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s