Visual Studio Code Itu Nonfree

Bismillahirrahmanirrahim.

Mayoritas software di dunia ini tidak bebas (nonfree) tapi mayoritas orang mengira software itu bebas (free). Mayoritas orang juga belum mengerti bedanya kode sumber (source code) dengan kode biner (binary code), dua wujud software. Satu kasus terbaru ialah Visual Studio Code yang dirilis oleh Microsoft (lihat reputasinya di FSF dan Techrights) itu nonfree software bukan seperti yang diiklankan di situsnya sebagai free software (mereka istilahkan “open source”). Ini penipuan. Bila Anda unduh VS Code dari situs itu dalam bentuk kode biner (.exe, .deb, .rpm, dsb.) maka Anda unduh nonfree software bukan free software. Jika Anda merasa Anda unduh free software, Anda telah ditipu. Anda hendaknya tidak menggunakannya dan berhati-hati lebih banyak kepadanya. Yang bisa Anda gunakan ialah Visual Studio Code versi kode sumber yang diletakkan di GitHub yang tidak diiklankan di situsnya tersebut. Versi kode sumbernya inilah yang free yang berlisensi MIT.

Bukti

Buktinya termaktub pada 2 lisensi berbeda yang mencakup 2 bentuk: kode biner dan sumbernya. Kode binernya berlisensi nonfree, bisa Anda baca di sini. Adapun kode sumbernya berlisensi free, lisensi MIT, bisa Anda dapatkan di sini.

Bukti bahwa versi kode biner VS Code itu nonfree bisa Anda baca di lisensinya tadi itu di bagian 5. Scope of License. Teks penghapusan hak-hak penggunanya sangat mirip atau sama saja dengan lisensi Windows. Alias, nonfree.

—mulai kutipan—

You may not
  • work around any technical limitations in the software;
  • reverse engineer, decompile or disassemble the software, or otherwise attempt to derive the source code for the software, except and to the extent required by third party licensing terms governing use of certain open source components that may be included in the software;
  • remove, minimize, block or modify any notices of Microsoft or its suppliers in the software;
  • use the software in any way that is against the law;
  • share, publish, rent or lease the software, or provide the software as a stand-alone offering for others to use.

—selesai kutipan—

Tanda teks tebal dari saya.

Privasi?

Tidak ada privasi pada nonfree software. Umumnya orang menyangka software itu free, yaitu taat tunduk patuh kepada pengguna dan orang kira software tidak bisa menyadap informasi pengguna untuk diserahkan ke perusahaan & pemerintahan negara lain. Kalau seperti itu sangkaan Anda, salah, apabila software itu nonfree, benar hanya apabila software itu free. Bacalah Privacy Policy dari VS Code yang nonfree itu dan bersiaplah untuk tidak menyetujuinya. Baca Microsoft bermasalah serius dengan privasi pengguna di Wiki PRIVA.

Solusi

Sebenarnya solusinya sangat mudah: selalu waspadai Microsoft dan perusahaan nonfree sepertinya, selalu puaslah dengan free software yang sudah ada. Apalagi free software yang sudah lama diakui free dan bagus. Bersyukur dengan yang sudah ada dan sabar. Sudah ada Geany, Emacs dan Vim, Eclipse dan Netbeans, bahkan Qt Creator, KDevelop, dan GNOME Builder. Kenapa Anda harus pakai nonfree software? Ditipu pula?

Solusi kedua kalau memang Anda mau pakai VS Code, jangan ambil versi kode binernya dari Microsoft (yang dipromosikan itu), tapi ambil kode binernya yang dibangun dari kode sumber bebasnya. Namanya VSCodium. VSCodium ini dibuat oleh komunitas. Usaha pembersihan ini bagus sekali dan patut kita hargai. Saya masih menunggu apabila ada keterangan dari komunitas perangkat lunak bebas yang menyatakan sebaliknya.

Untuk pihak pengembang VS Code, hendaknya Anda cabut pernyataan “Free, Open Source” di halaman situs unduhan Anda dan tolong jangan menipu pengguna. Sebutkan dengan tegas kalau VS Code Anda itu proprietary software. Atau, sebutkan dengan tegas adanya 2 bentuk (biner dan sumber) sementara yang biner nonfree dan yang sumber yang free. Jangan sesatkan pengguna yang mau unduh perangkat lunak bebas kepada perangkat lunak tidak bebas. Kalau Anda berniat menyebar versi bebas, cabut versi tidak bebas, dan publikasikan hanya versi bebas di situs Anda itu. Mintalah maaf kepada khalayak dan terangkan kalau Anda salah dan Anda menipu mereka.

Semoga ini menyelamatkan dan mencerahkan.

Bacaan Lanjutan


Tulisan ini berlisensi CC BY-SA 3.0.

Satu respons untuk “Visual Studio Code Itu Nonfree

Mohon jangan gunakan emotikon:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s