Beberapa Materi Presentasi GNU/Linux dari Teknoplasma

Bismillahirrahmanirrahim.

Apa itu Teknoplasma? Teknoplasma adalah sekolah GNU/Linux Desktop untuk pemula yang saya adakan di internet. Tidak seperti sekolah umumnya, Teknoplasma bersifat nonformal dan tidak memiliki sertifikat. Anda bisa mengikuti kelas-kelasnya lewat Telegram. Alamat website Teknoplasma https://kursusteknoplasma.wordpress.com.

Apa saja materi pelajaran Teknoplasma? Pada kursus-kursus gratis, yang saya namakan “kursus G”, saya mengajarkan teori dasar Free Software seperti perkenalan GNU/Linux dan Desktop Environment, maupun mengapa software harus free dan bahwa memperjualbelikan free software itu boleh. “Free” dalam free software berarti bebas bukan gratis, terkait dengan hak pengguna bukan harga. Di antara materinya juga adalah perkenalan komunitas GNU/Linux dan bagaimana tata cara bertanya di forum. Pada kursus-kursus inilah materi pelajaran Teknoplasma berupa presentasi. Saat ini ada 30 lebih silabus materi yang bisa diunduh gratis di pusat unduhan.

Apa bentuk materinya? Silabus-silabus materi Teknoplasma berbentuk presentasi. Format dokumennya ODP, format yang lebih baik daripada PPTX. Setiap peserta wajib memegang silabus pada setiap kelas yang diikuti.

Kenapa silabus materinya berupa presentasi? Karena presentasi paling mudah ditulis. Dengan membuat materi presentasi, saya tinggal mengajarkannya dengan cara mengambil gambarnya halaman demi halaman ke Telegram pada setiap sesi pelajaran. LibreOffice Impress adalah program yang saya pakai untuk menulis presentasi, inilah program yang sama fungsinya seperti Microsoft PowerPoint.

Kenapa format presentasinya ODP tidak PPTX? Karena saya ingin semua peserta Teknoplasma menggunakan LibreOffice. LibreOffice adalah program yang sama fungsinya seperti Microsoft Office, tetapi lebih baik, karena LibreOffice merupakan perangkat lunak bebas. Tanpa saya menyediakan format ODP, orang tidak akan memakai LibreOffice, dan tidak akan berpikir untuk memilikinya pada komputer-komputer mereka. Sebaliknya kalau saya menyebarkan PPTX, orang tidak akan tahu kalau format PPTX itu antisosial, maka tentu saya tidak melakukannya dan tidak akan mengajari orang memakainya. Dengan saya memberi mereka ODP, banyak sekali peserta menginstal LibreOffice dan kemudian terus mengikuti kursus dengan LibreOffice pula.

Apa saja materi-materi presentasi yang paling penting dari Teknoplasma? Dari kursus G, yang paling penting tentunya yang paling mendasar mengenai Free Software dan GNU/Linux, lalu yang paling bisa dipraktikkan seperti berkirim email dan contoh pemakaian LibreOffice Calc.

Di situs mana presentasi Teknoplasma pernah disorot? Situs Wiki Pengguna GNU memajang sebagian presentasi saya pada halaman pertamanya.

Kenapa artikel ini dibuat? Karena saya ingin presentasi-presentasi yang saya buat bisa Anda presentasikan di sekolah-sekolah dan di kampus-kampus Anda. Saya ingin presentasi ini dipresentasikan juga di kantor-kantor dan instansi-instansi Anda. Saya ingin Anda menyampaikan presentasi saya ke guru dan dosen Anda. Pendidikan harus mempergunakan free software saja dan tidak berpartisipasi sama sekali dengan nonfree software. Saya ingin presentasi saya bermanfaat untuk semua orang di semua tempat di Indonesia ini. Semoga bermanfaat.

Apa lisensi presentasi Teknoplasma? Semua materi presentasi Teknoplasma berlisensi CC BY-SA 3.0 yang artinya saya izinkan Anda mengubah dan menerjemahkannya dan mendistribusikan salinan-salinannya baik secara gratis maupun komersial dalam bentuk fisik maupun digital dengan syarat Anda mengakui nama pengarang dan tidak mengubah lisensinya. Jadi tidak seperti buku-buku paket sekolah, Anda boleh memfotokopi dan memperjualbelikan buku-buku saya ini karena lisensinya CC BY-SA. Lisensi ini lisensi bebas dan sama dengan lisensinya semua artikel Wikipedia.


Tulisan ini berlisensi CC BY-SA 3.0.

Iklan

13 respons untuk ‘Beberapa Materi Presentasi GNU/Linux dari Teknoplasma

  1. bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakaatuh, kak. Saya Alif Rezky mahasiswa jurusan matematika FMIPA UNM angkatan 2015 dan sekarang aktif sebagai asisten labkommat jurusan matematika FMIPA UNM. mohon izin untuk membawakan materi odp nya kakak untuk teman-teman asisten laboratorium komputer matematika (labkommat) di jurusan kami, kak. Semoga dengan ini teman-teman bisa hijrah ke free software, aamiin 🙂

  2. Pertanyaan selanjutnya, saya sedang menyusun buku panduan yg berjudul : “Buku Panduan Sederhana Padat Makna Instalasi Software”. dan panduan ini khusus untuk asisten labkommat saja, tidak diperjualbelikan, apakah saya bisa mengutip tulisan-tulisannya kakak untuk buku panduan ini?

    • Iya tentu saja boleh. Karya yang free (berlisensi CC BY-SA) itu selain boleh dipublikasikan ulang juga boleh disampaikan secara privat, tidak dipublikasikan. Hanya saja lisensinya harus tetap CC BY-SA agar penerima karya tetap memperoleh hak yang sama seperti Anda menerimanya dari saya. Begitu.

  3. Ahamdulillaah, jazaakallahu khairan katsiran wa baarakallaahu fiikum kak atas izin dan sarannya. Jadi saya mengambil judul:
    “BE LIFE (Belajar Libre Office) sebagai Upaya Memberantas Proprietary Software di SMK Negeri 10 Makassar” begitu kak? Tapi di PKMM saya ini khusus utk software Office, jadi apakah penggunaan judul tersebut sudah tepat?

    • Nah, gitu bagus judulnya, jangan malu-malu menampakkan bahwa proprietary itu buruk dan antisosial. Kalau nanti Anda kena masalah dengan istilah “memberantas”, alternatifnya Anda bisa ganti itu dengan “mengakhiri”.

      • Tidak, tidak. Istilah “pelanggaran lisensi” bukan istilah netral melainkan bagian dari propagandanya kalangan proprietary software untuk melarang gotong royong dan menghapuskan berbagi software. Jadi jangan gunakan istilah ini.

        Seperti saran saya sebelumnya, gunakan bahasa “mengakhiri perangkat lunak tidak bebas” karena niatnya memang menghapuskan ketidakadilan yang disebabkan oleh perangkat lunak tidak bebas.

        Nonfree software itu tidak adil, menaati lisensinya juga kesalahan, jadi tidak ada yang namanya “memberantas pelanggaran lisensi” itu.

  4. Siap kak. Saya barusan tdi membaca lgi artikelnya kakak, dan saya sdh tetapkan, insyaa Allah judul pkmm kami: BE LIFE (Belajar Libre Office) sebagai Upaya Mengakhiri Penggunaan Proprietary Software di SMK… Makassar… Mohon do’a dan masukannya kak selama kami mengikuti pkm pertama kami. Tulisan” pada website kakak jg kami sangat nantikan updatenya yg membahas ttng libre office, wxmaxima, gambas 3, octave, geogebra, inkscape, gimp, dan terpenting jg ttng R dan RStudio dan sintaks” yg jarang diketahui namun penting di konsole/terminal Linux. Semangat menukisnya kakak, semoga ilmunya diberkahi oleh Alla ‘azza wajalla, aamiin

    • Alhamdulillah, saya senang dengan keputusan yang Anda ambil. Judul di atas bagus sekali. Alhamdulillah, semangat Anda di atas sangat bagus, saya dukung. Adapun nama GNU/Linux seharusnya ditulis GNU/Linux, tidak ditulis “Linux” saja.

      Mengenai tulisan pada website saya, senangnya saya dengar semangat Anda, tetapi permintaan Anda tentu tidak bisa saya penuhi. Anda perlu mencari bidang-bidang tersebut pada ahlinya masing-masing dan bukan pada saya. Ingin cepat, cari mulai dari website resminya langsung.

      Anda tidak bisa sendirian dalam software freedom ini. Anda harus bersama-sama teman-teman yang lain. Dan kenyataannya menunjukkan Anda sering kalinya akan bekerja sama dengan teman-teman di luar pulau Anda paling utama dari pulau Jawa. Terus berkomunikasilah dengan komunitas free software dan jalin kerja sama.

      Alhamdulillah, aamiin, semoga doa ini kembali kepada yang memanjatkannya.

Mohon jangan gunakan emotikon:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s