Mengunduh Fedora Silverblue

Bismillahirrahmanirrahim.

https://torrent.fedoraproject.org

https://torrent.fedoraproject.org/torrents/Fedora-Silverblue-ostree-x86_64-29.torrent

Akhir-akhir ini saya tertarik dengan “OSTree” dan ingin tahu distro GNU/Linux yang memakainya. Ternyata, distro yang paling maju dalam penerapan OSTree ini adalah Fedora Silverblue (varian Silverblue dari distro Fedora). Kalau Anda baca situsnya, Anda akan berhadapan dengan istilah asing seperti “OSTree”, “immutable”, “Flatpak”, “tanpa manajer paket”, dan seterusnya. Sederhana saja: Silverblue itu distro GNU/Linux yang dipisahkan antara ruang sistemnya (tak bisa diubah/”immutable”) dan ruang aplikasinya (bisa diubah). Untuk membuat pemisahan itu maka teknologi yang bernama “OSTree” tadi dipakai. Mengenai hal-hal lain seperti “rpm-ostree” dan selanjutnya tidak saya bahas di sini.

Distro-distro lainnya tidak seperti ini dan belum mengarah ke sini* sama sekali. Tujuannya, nanti, kita memutakhirkan segala macam aplikasi maupun sistem itu secara aman dan tidak seperti pada distro normalnya: setiap upgrade bisa di-undo (dikembalikan seperti semula) dan rusaknya aplikasi tidak akan pernah merusak sistem (sebab sudah dipisah ruangnya). Menarik, bukan?

Lalu apa hubungannya dengan “tanpa manajer paket”? Hubungannya dekat. Bandingkan saja dengan Ubuntu yang menginstal aplikasinya pakai manajer paket “APT”, Fedora original pakai “DNF”, CentOS pakai “YUM”, dan seterusnya. Normalnya, setiap distro punya manajer paket dan software diantarkan ke pengguna secara terpaketkan (yaitu memakai aturan manajer paket). Fedora Silverblue tidak begitu. Silverblue hanya memakai Flatpak: metode distribusi software modern yang berlaku untuk segala distro.

Jadi singkatnya, Fedora Silverblue ini sebuah GNU/Linux dengan sistem berkas OSTree dan manajemen software Flatpak. Tentu ini menarik sekali untuk dicoba.

(*) Pada saat yang sama, sebenarnya ada distro lain dengan kombinasi OSTree + Flatpak yang bernama EndlessOS. Perbedaannya ialah antara Separuh-OSTree dengan Sepenuhnya-OSTree (Silverblue dan EndlessOS, berurutan).

Mohon jangan gunakan emotikon:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s