Membuat Agregator Blog GNU/Linux Internasional

Bismillahirrahmanirrahim.

Pada Kamis, 11 Januari 2018 ini, kembali satu kali lagi saya membuat agregator (website yang mengumpulkan artikel website lain) alias “planet mini” seperti dulu. Kali ini alamatnya http://buaya.cloudaccess.host dengan nama GNU Maksimum diletakkan di CloudAccess.net (saya berterima kasih!). Tulisan Restava kali ini adalah pengganti artikel lama yang masih menggunakan penamaan “Linux” yang sekarang saya koreksi jadi “GNU/Linux”.

Tampilan situs GNU Maksimum

Plugin

  1. FeedWordPress (lagi-lagi)
  2. Tidak perlu Feedwordpress Advanced Filter!
  3. Advanced Excerpt
  4. Saya atur update agregasi 24 jam sekali, batas isi per posting 30 karakter

Tema

  1. Simplent Theme
  2. Jangan gunakan Twenty Seventeen, Twenty Sixteen, sampai Twenty Ten

Server & Domain

  1. Cloudaccess.net = seperti wordpress.com tapi self-hosted dan bisa instal plugin+tema
  2. subdomain gratis .cloudaccess.host = masih keren dibanding .tk, .co.cc, .ga
  3. Akun gratis berlaku selamanya, 500MB, 1GB RAM, 1 CPU, aktivasi ulang 30 hari sekali
  4. Tidak butuh credit card, paypal, atau pembayaran lainnya
  5. Tidak butuh aktivasi lewat hape
  6. Proses pembuatan instan (hanya perlu email) dan bisa menerima akun email ProtonMail
  7. Alamat pendaftaran https://www.cloudaccess.net/wordpress/free-hosting.html

Untuk saat ini saya menilai CloudAccess.net sebagai hosting gratis terbaik di antara semua layanan hosting yang ada.

Yang Diagregat

Saya sudah lama ingin membuat “planet” pribadi saya sendiri yang mengumpulkan berita/artikel/informasi terbaru dari FSF, LibreOffice, Proyek KDE, Proyek GNOME, forum-forum GNU/Linux dan free software. Keinginan ini sudah lama saya simpan bahkan sebelum saya membuat Buaya Agregator GNU/Linux Indonesia sebelumnya. Maksud saya, saya tidak mau yang seperti Google Reader atau CommaFeed yang hanya bisa dibaca oleh saya, saya maunya seperti Planet, yang berbentuk website yang bisa dibaca semua orang. Saat ini, situs yang saya agregat antara lain:

  • FSF (News dan Blog)
  • LibreOffice dan The Document Foundation (Blog dan Planet)
  • Planet Debian
  • Planet GNOME
  • Planet KDE
  • KDE News (dot.kde.org)
  • Parabola GNU/Linux Recent Packages
  • UbuntuBuzz
  • Linuxku.com

Tentulah UbuntuBuzz dan Linuxku.com saya agregat karena saya ingin merekam tulisan-tulisan saya di sana.

Rencana?

Saya tidak punya waktu. Namun, saya punya keinginan, yaitu, mengonversikan mailing list ke RSS feed, supaya saya bisa agregat di situs GNU Maksimum. Mailing list yang mau saya agregat jelas sekali:

  • Punya FSF: gnu-linux-libre dan directory-discuss
  • Punya Parabola GNU/Linux: lupa namanya, pokoknya milis pem-blacklist-an proprietary software
  • Punya Trisquel GNU/Linux: Trisquel-user yang saya langgan lewat email

Artikel ini berlisensi CC BY-SA 3.0.

Satu respons untuk “Membuat Agregator Blog GNU/Linux Internasional

Mohon jangan gunakan emotikon: