Beberapa Proyek Free Software yang Sangat Penting

Bismillahirrahmanirrahim.

Untuk Anda yang sudah mengerti pentingnya free software bagi pengguna komputer dan masyarakatnya, pada tahap lanjut Anda akan ingin tahu apa saja proyek-proyek free software yang sangat penting. Dengan kata lain, Anda selangkah lebih dekat kepada mengenali komunitas Anda sendiri secara utuhnya dan kemudian  berkontribusi ke proyek-proyek yang ada. Maka tulisan ini saya buat dengan memuat proyek-proyek penting dari komunitas free software agar Anda kenal. Di antara mereka jelaslah GNU dan Linux, ada juga GNOME dan LibreOffice, ada Debian dan Libreboot, dan beberapa lainnya. Ditambah lagi beberapa lainnya. Bacalah dan marilah berkontribusi.

Proyek GNU

Sistem operasi kita ini sebenarnya bernama GNU. GNU itu sangat besar, dia sudah mengandung ratusan komponen besar dan kecil saat ini, di antaranya GNOME, GTK+, GIMP,  IceCat, Octave, dan Emacs adalah bagian dari GNU. Proyek GNU berada di bawah naungan organisasi FSF yang juga memiliki High Priority Projects yang didedikasikan untuk software freedom. Proyek GNU sangat penting karena merupakan asal muasal sistem operasi bebas yang pertama dan merupakan sumber inspirasi bagi banyak proyek yang lain.

Berhubungan dengan: BSD, baca https://www.gnu.org/manual/manual.html

Proyek Linux

Kernel bebas yang kompatibel dengan GNU kita ini bernama Linux. Kernel inilah yang dipakai bersama GNU pada sistem operasi GNU/Linux kita, dan pada sistem operasi Android. Proyek Linux berada di bawah naungan The Linux Foundation yang membiayai, melindungi, dan membesarkan Linux untuk seluruh dunia. Proyek Linux sangat penting karena merupakan komponen terakhir yang menyempurnakan GNU/Linux sebagai sistem operasi bebas siap pakai.

Berhubungan dengan: util-linux, GRSecurity, SELinux, AppArmor, TOMOYO

Proyek Debian

Apabila harus memilih satu dari sekian banyak distro GNU/Linux sebagai contoh, kita perlu memilih Debian. Debian adalah proyek distro free software yang paling berpengaruh terhadap proyek distro yang lain. Debian berjasa besar membuat instalasi program pada GNU/Linux lebih mudah dengan adanya dependency resolving yang otomatis. Tanpa Debian, Ubuntu tidak akan ada, begitu juga gNewSense dan Trisquel dan PureOS. Tanpa Debian, tiap-tiap distro turunan dan banyak lainnya tidak bisa memperoleh paket software dengan mudah (alias harus mengurusnya secara manual). Prinsip DFSG yang dimilikinya merupakan teladan yang mengajarkan software freedom ke seluruh kontributornya, penggunanya, dan ajaibnya, semua distro turunannya.

Berhubungan dengan: Ubuntu, Mint, elementary OS, deepin, gNewSense, Trisquel, PureOS

Proyek GNOME

GNU Network Object Model Environment adalah desktop punya GNU. Asal muasal kemunculannya adalah dibuat sebagai pengganti KDE pada zaman 1990-an yang waktu itu bermasalah dengan lisensi nonfree library, yaitu menjadi tampilan antarmuka desktop yang 100% bebas untuk GNU/Linux. Semangat GNOME adalah semangat GNU. Tanpa GNOME, semangat untuk mengembangkan desktop yang bebas bahkan sampai berlomba melakukannya, tidak akan seperti saat ini. Mudah kita mengatakan banyaknya jumlah desktop environment bebas saat ini seperti Cinnamon, MATE, Unity, Manokwari, UKUI, itu adalah pengaruh dari teladan yang diberikan GNOME pada masa lalu. Adapun pustaka pembangun software, yaitu GTK+, itu adalah bagian dari GNOME, yang merupakan bahan pembuatan aplikasi-aplikasi hebat seperti Inkscape dan OpenShot.

Berhubungan dengan: GIMP, GTK, Dia

Proyek LibreOffice

Asal muasalnya dari Sun StarOffice, kemudian Sun OpenOffice.org, kemudian akhirnya LibreOffice, inilah pengolah dokumen kita semua. Proyek LibreOffice berada di bawah naungan organisasi The Document Foundation dari Jerman tanpa dikuasai satu pun perusahaan swasta. Dengan LibreOffice, kita tidak perlu berkomputer dengan Microsoft Office atau Google Docs yang tidak bebas, sementara bisa saling kompatibel dengan orang lain. Proyek LibreOffice amat penting karena memenuhi hak dan kebutuhan semua orang yang tidak bisa tidak punya program semacam ini.

Berhubungan dengan: OpenOffice.org, Apache OpenOffice, UNO

Proyek Libreboot

Libreboot merupakan distro Coreboot, dengan kata lain, bukanlah fork melainkan hanya versi pembersihan dari Coreboot. Libreboot dan Coreboot itu adalah free BIOS, yaitu, software yang bisa menggantikan BIOS yang tidak bebas pada komputer. Hanya saja, Libreboot itu murni free software yang menghapuskan sejumlah nonfree software yang ada pada Coreboot. Proyek Libreboot inilah yang memampukan berdirinya perusahaan-perusahaan laptop dan PC yang 100% free software semacam Technoethical, Minifree, Vikings, dan bahkan munculnya sertifikasi Respects Your Freedom (RYF) dari FSF. Semoga di Indonesia muncul perusahaan laptop seperti itu dengan Libreboot ini.

Berhubungan dengan: Coreboot, me-cleaner

Proyek X Window System

X Window System kadang disebut X11 atau Xorg atau X Server atau X saja. X adalah satu komponen sistem operasi yang tidak dilihat oleh pengguna tetapi tanpanya GUI tidak akan ada. X disebut sebagai display server, yaitu, komponen yang berada di tengah antara GUI dan sistem operasi. Tanpa X, tidak ada desktop environment. Tanpa X, Anda tidak melihat warna-warni dan jendela-jendela pada layar Anda. Tanpa X, sistem operasi Anda hanyalah konsol hitam putih. X adalah free software yang dikembangkan di bawah naungan organisasi The X.Org Foundation.

Berhubungan dengan: Wayland, Mir

Proyek OpenSSH

Open Secure Shell atau OpenSSH adalah salah satu komponen dari proyek sistem operasi OpenBSD. OpenSSH adalah contoh nyata betapa pentingnya security itu dan betapa komunitas free software itulah yang paling pertama dan paling kuat memperjuangkannya. OpenSSH adalah program untuk remote login secara aman, yaitu, tidak seperti program telnet, OpenSSH mengenkripsi jalur transportasi datanya. Semua server di dunia ini memakai OpenSSH sekarang. Semua distro GNU/Linux juga mengandung OpenSSH. Keamanan adalah fitur yang sudah pasti ada pada sistem free software.

Berhubungan dengan: OpenBSD

Proyek OpenSSL

Open Secure Socket Layer atau OpenSSL adalah contoh berikutnya betapa penting security dan betapa kuatnya komunitas free software memperjuangkannya. OpenSSL itu dalam bahasa awam adalah “pembuat” HTTPS pada peramban web Anda ketika membuka blog ini. OpenSSL itu merupakan perangkat lunak pustaka yang (istilahnya) mengimplementasikan protokol komunikasi bernama SSL dan TLS yang aman. OpenSSL tidaklah dikenal oleh pengguna tetapi oleh program-program yang dipakai oleh pengguna, yaitu, kebanyakan program pada sisi server dan sejumlah software populer pada klien, yang karenanyalah Anda semua bisa berinternet dengan sangat aman tanpa takut disadap pihak mana pun.

Berhubungan dengan: LibreSSL, GnuTLS

Proyek GnuPG

GNU Privacy Guard atau GPG atau GnuPG adalah contoh lain betapa security dan privacy itu diperjuangkan oleh komunitas free software. GnuPG adalah salah satu komponen dari GNU. GnuPG adalah program yang (istilahnya) mengimplementasikan protokol keamanan yang bernama PGP. GnuPG kita temukan di semua distro GNU/Linux. Dalam bahasa awam, GnuPG inilah yang membuat orang tidak bisa berbohong di internet, tidak bisa memalsu identitas orang lain, dan akan terbongkar dengan mudahnya apabila berbohong.

Berhubungan dengan: Enigmail, Evolution, Thunderbird, Icedove, OpenSSL

Proyek Mozilla

Mozilla adalah organisasi yang menaungi dua proyek internet terbesar di dunia yaitu Firefox dan Thunderbird. Firefox adalah peramban web yang bebas, sedangkan Thunderbird adalah klien email yang bebas; keduanya bisa dilihat sebagai pengganti untuk Internet Explorer dan Outlook secara berurutan. Tanpa proyek Firefox dan Thunderbird, versi 100% bebasnya yaitu GNU IceCat dan IceDove takkan ada, proyek Tor Browser takkan ada, proyek Fennec Mobile Browser takkan ada. Tanpa Proyek Mozilla, dunia WWW tidak akan semaju seperti sekarang.

Berhubungan dengan: Firefox, Thunderbird, Icecat, Iceweasel, Abrowser, Icedove

Proyek Apache

Apache Software Foundation (ASF) adalah organisasi besar yang menaungi proyek Apache, program web server paling banyak dipakai di seluruh internet. Bisa dibilang, hampir 100% dari semua website yang Anda kunjungi itu servernya memakai Apache. Selain itu, jasa besar ASF ialah menaungi proyek-proyek sangat besar yang berpindah dari pengembang aslinya, seperti OpenOffice.org dan NetBeans. Penaungan ini disebut oleh ASF sebagai inkubasi dengan ASF sebagai inkubatornya (menyediakan uang, ruang, perlindungan, dll.) yang pada akhirnya proyek itu akan dinyatakan lulus apabila telah cukup matang. Proyek Apache ini juga yang memiliki lisensi bebas berjenis noncopyleft yang bernama Apache License yang amat banyak digunakan di GitHub, GitLab, dan Sourceforge.

Berhubungan dengan: Apache Web Server, MySQL, PHP, Perl, XAMPP, Netbeans, Apache OpenOffice

Proyek gEDA

GPL Electronic Design Automation atau gEDA adalah proyek free software untuk desain elektronika yang lengkap.

Berhubungan dengan: KiCAD, Oregano

Penutup

Selain sekarang Anda tahu komunitas free software lebih dekat lagi, Anda tahu juga betapa beruntungnya pengguna GNU/Linux itu memperoleh semua program yang free di atas secara bawaan dalam sistem operasinya. Terima kasih, komunitas free software. Maka tunggu apa lagi? Ayo berkontribusi.

(catatan: banyak sekali proyek penting lainnya yang tidak tersebutkan di sini seperti WordPress, MySQL, F-Droid, dll., tetapi apa yang disebutkan sangat diharap sudah mewakili)


Tulisan ini berlisensi CC BY-SA 3.0.

Mohon jangan gunakan emotikon:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s