Tidak Ada “Pembajakan Software” Itu

Bismillahirrahmanirrahim.

Saya selalu menegaskan bahwa tidak ada yang namanya “pembajakan software” itu di banyak pengajaran online saya di Teknoplasma. Selain itu, saya telah menulis di wiki Notabug saya dengan judul Tidak Benarnya “Memberantas Pembajakan”. Di Restava ini saya juga sudah sering menyinggung mengenai ini, terutama di artikel Jangan Tuding “Pembajak”.  Artikel ini saya tulis untuk menegaskan setegas mungkin bahwa istilah “pembajakan” itu bohong.

Istilah “pembajakan software” disebarkan oleh vendor proprietary software terutama Microsoft dan BSA, bukan dari komunitas free software, bukan juga dari komunitas open source, bukan dari komunitas GNU/Linux. Istilah ini dipropagandakan untuk merombak moral kita supaya menilai penggandaan software (istilah kita: sedekah, gotong-royong) adalah kejahatan yang harus dikriminalkan dan dihukum berat. Di mana saja istilah ini diucap, di situ selalu ada permusuhan dan orang yang merasa dihina.

Tujuan akhir istilah “pembajakan” adalah mempersamakan moral antara tindakan menggandakan software (yaitu membantu orang lain) dengan tindakan merampok kapal (yaitu membunuh dan mencuri). Tanpa Anda sadari, kalau Anda terpengaruh istilah ini, Anda akan menilai setiap orang yang menggandakan software itu kriminil. Itulah propagandanya. Itu yang mereka maukan. Dan itu batil, karena orang yang menggandakan software tidak mencuri barang (si software yang disalin tidak hilang), juga tidak membunuh orang (tidak ada yang terbunuh). Sebab propaganda ini adalah mereka vendor-vendor itu mau memaksakan prinsip dasar proprietary kepada kita bahwa pengembang software seharusnya boleh mengambil hak-hak dan wewenang milik pengguna yang bukan haknya (salah satunya: menggandakan software). Apabila Anda menerima propaganda ini, maka sadar atau tidak, Anda pasti akan memberantas free software dan GNU/Linux dan komunitasnya. Istilah yang benar untuk menyebut tindakan menggandakan software adalah ‘penggandaan software’, bukan ‘pembajakan’!

Dengan rasa persaudaraan dan sepenuh hormat, saya mengajak Anda sekalian untuk tidak menerima istilah ini dan mengusirnya. Ubahlah kebiasaan menyebut “software bajakan, kamu melakukan pembajakan” dengan sebutan yang betul “software yang digandakan, kamu melakukan penggandaan”. Bila penggandaan itu merupakan pelanggaran lisensi, maka melanggar lisensi itu salah, dan sebutannya ‘pelanggaran lisensi’ bukan ‘pembajakan’. Ajak teman Anda untuk mengusir istilah jahat ini dari masyarakat kita. Tolong bantu saya ajarkan penjelasan ini ke sekitar Anda.


Tulisan ini berlisensi CC BY-SA 3.0.

Iklan

Satu respons untuk “Tidak Ada “Pembajakan Software” Itu

Mohon jangan gunakan emotikon:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s