YUM, Manajer Paket Fedora yang Mengesankan

Bismillahirrahmanirrahim.
fedora-logoSetelah saya menggunakan Linux hari demi hari, saya pun menyadari sesuatu. Bahwa hal paling penting di seluruh distro adalah sistem manajemen paket. Itu pula yang membedakan satu distro dengan distro lain. Di Fedora, kita menggunakan sistem manajemen paket RPM (turunan Red Hat Linux). Manajer paket yang berperan di sini bernama yum (Yellowdog Updater, Modified). Sebagai pembanding, di Ubuntu kita memakai apt dan di openSUSE kita memakai zypper. Kalau Anda bertanya soal manajer paket, maka jawabannya dialah yang digunakan untuk menginstal, me-remove, meng-update, dan meng-upgrade sistem. Dia bertanggung jawab terhadap input-proses-output dari software di dalam suatu distro. Sudah lama sekali rasanya saya ingin menulis tentang Fedora, sejak pertemuan saya dengan warga kanal #fedora-indonesia / #fedora-id (terutama Prima Yogi Loviniltra) yang begitu mengesankan. Semoga tulisan ini bermanfaat. 

sudo yum updateinfo adalah sudo apt-get update di Fedora


Saya suka sekali yum menayangkan detail dari setiap paket indeks yang diunduh. Benar-benar detail, ukuran dan alamatnya diberitahukan. Tidak seperti apt yang tidak menayangkan ukuran paket indeks yang diunduh. Lihat, bahkan yum menayangkan pula progress bar untuk paket yang ukurannya besar. Dan yum menayangkan estimasi waktu unduhannya. Ini beberapa kelebihan yum dibandingkan apt. Dan saya suka seandainya ini ada di apt.

Screenshot from 2014-09-15 20:12:48
sudo yum updateinfo menayangkan progress bar untuk paket indeks yang diunduh
Screenshot from 2014-09-15 20:14:00
sudo yum updateinfo menayangkan pula rangkuman dari apa yang telah dia kerjakan

sudo yum install adalah sudo apt-get install di Fedora


Saya suka yum menayangkan detail versi setiap paket yang akan diinstal. Saya suka yum menayangkan detail proses penyelesaian dependensi.

Screenshot from 2014-09-15 20:14:58
sudo yum install membaca dan mencocokkan dependensi
Screenshot from 2014-09-15 20:15:06
sudo yum install menayangkan rangkuman detailnya
Screenshot from 2014-09-15 20:15:15
sudo yum install menayangkan tabel yang detail dengan versi dan ukuran yang akan diunduh plus sumber repositorinya
Screenshot from 2014-09-15 20:15:25
sudo yum install meminta izin dulu, barulah mengunduh lalu menginstal
Screenshot from 2014-09-15 20:15:27
yum selalu menayangkan progress bar, estimasi waktu, dan ukuran berkas ketika mengunduh
Screenshot from 2014-09-15 20:18:24
yum menayangkan progress information 21/21 yang artinya semua berkas sudah selesai diunduh
Screenshot from 2014-09-15 20:19:37
yum selesai menginstal aplikasi dan tetap menayangkan rangkuman detail apa yang telah dilakukan

Lain-Lain


Untuk yang ini, saya lupa asalnya dari perintah apa.

Screenshot from 2014-09-15 20:28:59


Penutup

Sayang sekali, saya hanya mengambil skrinsot saat mengambil indeks dan instalasi paket. Removal dan upgrading tidak saya lakukan ketika sesi pemotretan GNOME 3.10 kemarin. Semoga tulisan ini bermanfaat.

10 respons untuk ‘YUM, Manajer Paket Fedora yang Mengesankan

Mohon jangan gunakan emotikon: